Jakarta, Aktual.co — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, ketua umum PKPI Sutiyoso ikut meramaikan “bursa” Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Marciano Norman yang telah berakhir masa tugasnya.
“(Sutiyoso,  atau yang sering disapa Bang Yos) masuk, sekarang juga ada, tapi ya naik turun, naik turun lah, timbul tenggelam,” kata Tedjo di Komplek Istana Presiden, Jakarta, Selasa (4/11).
Dirinya berharap posisi Kepala BIN segera terisi. Dirinya juga tidak bisa memastikan dari sekian nama yang beredar siapa yang akan ditunjuk oleh Presiden Jokowi.
“Ya secepat mungkin. Karena tidak boleh dibiarkan kosong terlalu lama. Itu harus segera diisi sehingga fungsi-fungsi instansi tetep bisa berjalan,” kata Mantan KSAL itu.
Selain Bang Yos, tiga nama yang digadang-gadang sebagai Kepala BIN adalah mantan Wakil Menteri Pertahanan Letnan Jenderal (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, mantan Wakil Kepala BIN As’ad Said Ali dan mantan Wakil Panglima TNI Jenderal (Purn) Fachrul Razi.

()