Jakarta, Aktual.co —Ada salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, yang sayangnya hingga saat ini belum juga dilirik oleh pihak swasta, yakni mendirikan gedung parkir.
Kepala Sub Dinas Tata Ruang Jakarta Barat, Monggur Siahaan mengatakan pihak swasta tak tertarik bangun gedung parkir lantaran pertimbangan untung rugi.
“Belum ada yang melirik karena mungkin lebih pada persoalan hitung-hitungan ekonomi. Membangun gedung untuk perkantoran akan jauh lebih beruntung bila dibanding dengan parkir. Apalagi soal lahan yang semakin sulit temui di daerah perkotaan,” katanya, di Jakarta, Selasa (21/10).
Padahal, kata dia, prospek ‘bisnis’ gedung parkir lumayan moncer karena terus meningkatnya jumlah kendaraan di Jakarta. Sehingga meningkat pula kebutuhan akan tempat parkir. 
Sebenarnya, kata Monggur, kalau pihak swasta tidak mau bangun gedung parkir, pemerintah daerah bisa saja membangun  dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Meskipun harus berhadapan dengan permasalah lahan yang semakin sempit di Jakarta. Meskipun kalau dikelola pemerintah maka biayanya akan jauh lebih murah.

()