Jakarta, Aktual.co — Hingga Sabtu malam (18/10), persiapan Syukuran Rakyat Salam Tiga Jari menyambut pemimpin baru Joko Widodo – Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah mencapai 90 persen.

“Izin untuk kegiatan pawai budaya, kuliner rakyat dan konser musik di kawasan Monumen Nasional sudah kami kantongi,” kata Abdee “Slank” Negara, Ketua Panitia Syukuran Rakyat Salam Tiga Jari, di Media Center Tim Relawan Jokowi-JK, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu malam (18/10).

Gitaris Band Slank itu, menegaskan panitia telah mendapat semua izin dari pihak-pihak terkait untuk menggelar kegiatan itu.  Syukuran rakyat ini akan digelar mulai pukul 12.50 WIB dengan kirab budaya dari Bundaran HI (Hotel Indonesia) hingga ke Istana Negara.

Berbagai komunitas seni dan perorangan akan turut dalam kirab budaya tersebut antara lain penari dari Papua, Nusa Tenggara Timur, Sumedang, Tor-tor, Musik Dapur, Enggrang, Barongsai, Karnaval Batik dan lainnya.

Jay Widjayanto, Koordinator Divisi Kirab Panitia Nasional Syukuran Rakyat, memperkirakan sekitar 2.300 orang akan ikut aktif dalam kirab budaya mengarak Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, begitu Jokowi-JK selesai dilantik MPR di Senayan, ke Istana Negara.

Selain itu, panitia juga akan menyiapkan “Kuliner Rakyat” yang tersedia di tiga lokasi yaitu Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Jalan MH Thamrin dan kawasan Monas.

Ratusan gerobak makanan tradisional seperti bakso,  mie ayam, ketoprak,  siomay tersedia dengan stiker bertuliskan “makan gratis sampai habis”.

Pada malam hari akan digelar pelepasan lampion sebagai bentuk harapan dan doa bagi pemerintahan baru sehingga menjadi pelita dan terang bagi Indonesia. Pelepasan lampion tidak hanya digelar di Monas pada pukul 19.00 WIB, tapi juga serentak di 31 daerah di Tanah Air, dari Sabang sampai Merauke.

Konser Rakyat yang dimeriahkan ratusan artis Ibukota di kawasan Monas dimulai pukul 11.30 WIB.  Untuki itu panitia mengingatkan warga yang turut dalam syukuran agar menjaga keamanan dan kenyamanan bersama serta bersama-sama menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

()

()