Jakarta, Aktual.com — Dalam upaya mengoptimalkan program efesiensi keuangan, PT Pertamina (Persero) kembali menggelar Annual Pertamina Quality (APQ) Award atau upaya penciptaan inovasi teknologi berkelanjutan.

Direktur Keuangan Pertamina, Arief Budiman mengatakan dari program APQ 2015 pihaknya mampu mencatatkan value creation hingga Rp10,2 triliun.

“Dari tahun ke tahun upaya ini terbukti mencatatkan value creation yang terus meningkat. Bisa disimpulkan kalau aset pengetahuan merupakan competitive advantage perusahaan,” kata Arief di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (2/11).

Sementara itu, VP Quality, System & Knowledge Management Pertamina, Faisal Yusra mengungkapkan bahwa dalam gelaran APQ ini pihaknya mencatat 60 project colaboration improvement (PC Prove), 47 functional team improvement (FT Prove) dan 21 individual improvement (I-Prove) dengan total risalah mencapai 1860.

Faisal mengungkapkan, pihaknya berkomitmen akan terus mendorong penemuan teknologi bermutu dalam rangka meningakatkan efisien demi mengoptimalkan kinerja perseroan.

“Inovasi ini bukan saja kreasi yang hanya dikenal di lingkup perusahaan saia. Namun juga telah mendapat pengakuan dari beberapa pihak di tingkat nasional maupun internasion,” sebutnya.

Berdasarkan catatan Pertamina, APQ Award di tahun 2010 telah menciptakan value creation (nilai) mencapai Rp 986 miliar. Ada pun pada 2011 kemarin penciptaan nilai tercatat mencapai Rp1,29 triliun.
Sedangkan pada 2012, penciptaan nilai dihitung menyentuh Rp1,85 triliun. Sementara pada 2013 dan 2014, penciptaan nilai dari kegiatan ini mencapai Rp 2,71 triliun dan Rp 8,008 triliun.

(Arbie Marwan)