Ilustrasi - Pemain tim nasional futsal Indonesia Evan Soumilena (kanan) berebut bola dengan pemain Thailand pada laga lanjutan Grup A Piala Futsal AFF 2022 di Stadion Hua Mark, Bangkok, Thailand, Selasa (5/4/2022). (ANTARA/HO/AFF-FAT)

Jakarta, Aktual.com – Tim nasional futsal Indonesia memimpin klasemen sementara cabang olahraga futsal putra SEA Games 2021 usai menundukkan Malaysia di Ha Nam, Vietnam, Senin, dengan skor 3-0.

Kemenangan tersebut membuat skuad “Garuda” mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan, lebih banyak dari pemimpin klasemen sebelumnya Vietnam yang baru memiliki empat poin dari dua laga. Vietnam sendiri harus tergusur ke peringkat kedua.

Di posisi ketiga bertengger juara Piala AFF 2022 Thailand dengan koleksi tiga poin dari satu pertandingan. Thailand akan melawan tim peringkat keempat Myanmar pada Senin (16/5) pukul 16.00 WIB.

Adapun Malaysia terpuruk di dasar klasemen atau posisi kelima lantaran selalu kalah pada tiga laga yang sudah dilewati.

Situasi tersebut membuat peluang Indonesia untuk merebut medali SEA Games 2021 semakin besar. Sebab, kompetisi futsal putra SEA Games 2021 dilaksanakan dengan format “round robin” dan hanya diikuti lima negara.

Pada partai versus Malaysia, Indonesia yang menciptakan banyak peluang kesulitan melesakkan gol pada babak pertama lantaran disiplinnya pertahanan lawan.

Gol baru datang pada menit ke-18 melalui sepakan Sauqy Saud Lubis. Indonesia pun menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Usai jeda, anak-anak asuh pelatih Mohammad Hashemzadeh tampil lebih beringas dan langsung mencetak dua gol dalam rentang tiga menit setelah paruh kedua dimulai.

Adalah Firman Adriansyah yang menorehkan dua gol pada menit ke-21 dan 23. Gol ganda tersebut mengantarkan Indonesia menang dengan skor 3-0.

Berikutnya, Rabu (16/5), Indonesia akan menghadapi lawan kuat yaitu Thailand. Ini merupakan laga ulangan Piala AFF 2022 lalu, di mana Thailand dan Indonesia bersua di final.

Saat itu, Indonesia dan Thailand bermain imbang 2-2 sebelum Thailand keluar sebagai pemenang melalui adu penalti.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)