Dalam aksinya Gerak Indonesia mendesak Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputir untuk segera menetapkan Walikota Surabaya Tri Rismaharani sebagai calon Gubenur DKI Jakarta dan tidak memilih Basuki Tjahja Purnama (Ahok) menjadi calon Gubenur DKI Jakarta dari PDI Perjuangan.

Jakarta, Aktual.com – Sekitar ribuan massa dari berbagai elemen, Jumat (16/9) siang ini akan menggeruduk kantor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (16/9).

Para demonstrasi sendiri yang akan melakukan aksi unjukrasa menuntu ‘menolak kepemimpinan arogan’ sekaligus mendukung calon gubernur DKI Jakarta mendatang yang santun, berwibawa dan tidak korupsi.

Adapun elemen yang akan terlibat dalam aksi unjukrasa tersebut diantaranya, Forum RT/RW DKI Jakarta, KOMJU, AMJU, AMJAS, Iluni UI, dan DPD FPI DKI Jakarta.

Atas hal tersebut, setidaknya sebanyak 185 personel gabungan dari Polri akan dikerahkan untuk mengamankan kantor Balai Kota mulai pukul 13.00 WIB.

Menurut Wakil Kapolsek Gambir Kompol M Nababan, personel yang diterjunkan merupakan gabungan dari brimob, Polres Jakarta Pusat, dan Polsek Gambir.

“Ada 185 personel yang dikerahkan di Balai Kota DKI Jakarta,” kata M Nababan, Jumat (16/9).

Dia menambahkan dalam pengamanan kali ini dilakukan secara persuasif. Sehingga tidak dikerahkan kendaraan taktis.

“Jadi kendaraan tidak ada yang diturunkan, karena pengamanan kami secara persuasif saja,” ujar dia.

Karena itu M Nababan meminta agar pendemo tidak anarkis sehingga unjukrasa berjalan lancar. Dikabarkan demonstrasi akan dimulai pukul 14.00 WIB.

“Kami antisipasi jangan sampai membuat onar, kriminalistas, sampai penutupan jalan. Mengimbau agar tetap kondusif,” tandasnya.(Fadlan Syam Butho)

(Andy AbdulHamid)