Jakarta, Aktual.co —Anggota Dewan Kota Jakarta Utara, Amudin meminta pemerintah setempat memfungsikan kembali Taman Karapan Sapi Volker yang berada di kawasan Jl RE Martadinata Tanjung Priok karena saat ini kondisinya terbengkalai.

“Saat ini kondisinya terbengkalai, penuh dengan tumpukan besi bekas dan kotor, jika difungsikan kembali akan memperindah kota,” kata dia di Jakarta, Rabu (15/10).

Menurutnya, Taman Karapan Sapi dengan luas sekitar 9.000 meter persegi ini kondisinya memprihatinkan karena besi taman telah banyak yang hilang.

Selain itu tumpukan besi bekas dan barang rongsokan memenuhi setiap sudut taman sehingga tidak dapat digunakan lagi sebagai tempat rekreasi warga, kata dia.

Ia mengatakan kondisi ini amat disayangkan, karena jika difungsikan kembali manfaatnya cukup banyak, selain untuk penghijauan, sumber resapan air, keindahan juga sebagai sarana interaksi dan sosialisasi warga Jakarta Utara.

Oleh sebab itu ia meminta pemerintah setempat dalam hal ini Suku Dinas Pertamanan Jakarta Utara untuk memprioritaskan pembenahan kembali taman ini.

Pada bagian lain ia melihat kesadaran masyarakat untuk memelihara dan merawat taman juga perlu ditingkatkan karena itu adalah fasilitas publik dan merupakan milik bersama.

Ia menambahkan dulu taman tersebut sempat terawat dengan baik karena ada tokoh masyarakat setempat yang berkomitmen mengajak warga bersama-sama menjaganya, setelah tokoh tersebut tidak ada taman menjadi tidak terawat dan disalahgunakan menjadi lokasi penumpukan barang rongsokan.

(Andy Abdul Hamid)