Jakarta, Aktual.co — Taman vertikal yang didirikan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta di sejumlah titik di ibu kota, dapat mengurangi beban psikis masyarakat pengguna jalan, kata Kepala Seksi Tata Hias Kota Elly Sugestianingsih.
“Taman vertikal berperan dalam segi psikis, artinya masyarakat bisa lebih nyaman, dan dapat mengurangi stres di tengah padatnya lalu lintas Jakarta,” katanya di Jakarta, Rabu (15/10).
Ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih mengutamakan taman vertikal yang diisi tanaman berwarna hijau, belum menggunakan tanaman berwarna lain yang menghasilkan pola tertentu.
“Untuk sementara masih menggunakan tanaman hijau, yang tentunya diharapkan dapat menyegarkan mata para pengendara kendaraan,” lanjutnya.
Jenis tanaman hijau yang dominan digunakan Dinas Pertamanan adalah tanaman sebangsa dendron, karena kata Elly, perawatannya cenderung lebih mudah untuk taman vertikal.
“Sebenarnya semua tanaman bisa ditempatkan di vertikal garden, tetapi kembali lagi ke perawatannya yang lebih intens dibanding taman biasa, sehingga diperlukan ketelitian dalam pemilihan jenis tanaman,” ujarnya.
Selain di pinggir jalan, lanjut Elly, taman vertikal juga bisa diaplikasikan di gedung bertingkat.
“Karena pemerintah juga tidak bisa bekerja sendiri membuat taman ini, juga membutuhkan partisipasi dari para pemilik gedung,” imbuhnya.
Elly mengungkapkan, konsep taman vertikal di pinggir jalan dan di gedung bertingkat, menjadi alternatif untuk mewujudkan lingkungan kota yang ramah lingkungan di tengah lahan terbuka perkotaan yang semakin terbatas.

()