Jakarta, Aktual.co — Sejak berdirinya mall Tamini Square tahun 2006 lalu, setiap pulang kerja Yanto (35) harus menghabiskan waktu lebih lama di persimpangan jalan Taman Mini dan Pondok Gede akibat kemacetan panjang dari arah Taman Mini, dari arah Pondok Gede dan dari arah Jalan Raya Bogor.
Yanto yang tinggal di Ciracas memang selalu melewati persimpangan jalan itu saat pulang kerja dari arah Pondok Gede.
Diakuinya, keberadaan mall Tamini Square di persimpangan tersebut memang menjadi salah satu penyebab semakin parahnya kemacetan.
Karena semakin banyak mobil yang keluar masuk, dan angkot yang ngetem menunggu penumpang di depan mall.
“Kalau pagi dan sore seperti ini pasti macet karena banyak yang keluar masuk dari dalam mall tersebut. Waktu belum dibangun (Tamini) ga separah ini macetnya,” kata Yanto di Jakarta, Selasa (21/10).
Keluhan juga disampaikan Mulyadi (26), pengendara motor yang tiap harinya juga melalui simpangan Tamini Square. 
“Dulu kaga begitu macet, Sekarang ya liat aja, kalau ga dibantu pak polisi buat ngatur lalu lintas pastinya macet parah, pas banget ini kan persimpangan,” ungkap warga asli betawi.  
Sebenarnya, untuk mengurai kemacetan di simpangan itu sudah didirikan Pos Pantau Pengurai Kemacetan Lalu lintas tepat di seberang Tamini Square. 
Seorang petugas polantas di sana mengakui kalau kemacetan di persimpangan itu selalu terjadi saat pagi di jam berangkat kerja dan saat pulang kerja.
Tapi dia mengatakan kalau pihaknya sudah mengantisipasi mengurai kemacetan. 
“Kalau yang di depan mall kita selalu memantau dan membantu arus lalu lintas agar tidak ada penumpukan di persimpangan. Memang Dengan adanya kendaran yang keluar masuk dari mall tersebut Membuat arus lalu lintas sedikit tersendat,” kata Polantas yang tak mau disebut namanya itu. 

()