Tanjungpinang, Aktual.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau menyatakan Kota Tanjungpinang menuju zona hijau jika tinggal tiga pasien saja yang positif COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri, Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Minggu (24/5), mengatakan, sampai saat ini wilayah kota tersebut masih masuk zona merah karena sebanyak 26 orang tertular COVID-19 dan 20 orang di antaranya sudah sembuh, sedangkan tiga orang lainnya meninggal dunia.

Sejak 2 Mei 2020 tidak ada penambahan pasien positif COVID-19. Artinya, sudah lebih dari tiga pekan tidak ada penambahan pasien positif COVID-19.

“Kita bersama doakan dan berusaha agar Tanjungpinang bebas COVID-19. Mudah-mudahan tidak ada penambahan pasien COVID-19 lagi,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari mengatakan masyarakat dan Pemerintah Tanjungpinang menekan angka pasien COVID-19. Penanganan terhadap pasien positif COVID-19 juga relatif baik sehingga jumlah pasien yang sembuh sangat tinggi.

“Kami berharap akhir bulan ini atau awal Juni 2020 seluruh pasien COVID-19, sembuh, dan tidak ada lagi penambahan pasien positif COVID-19 sehingga aktivitas masyarakat dan pemerintah kembali berjalan normal dengan tetap menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus itu,” ujarnya.

Teguh mengatakan Tanjungpinang menuju kehidupan “new normal” setelah bebas COVID-19. Aktivitas perekonomian, sosial, agama, pendidikan dan lainnya diharapkan kembali berjalan normal pada Juni 2020.

“Sekarang aktivitas masyarakat perlahan-lahan sudah mulai kembali normal. Namun kami ingatkan tetap menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun, dan hindari keramaian,” katanya.

Ia menjelaskan tiga pasien COVID-19, 2 orang di antaranya dirawat di RSUP Kepri, sementara satu orang lainnya menjalani karantina mandiri. Ketiga pasien itu dalam kondisi baik, seperti tidak sakit, namun COVID-19 masih ada di dalam tubuhnya.

“Mereka sudah lebih 21 hari dirawat dan menjalani karantina mandiri,” ucapnya, yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)