Jakarta, Aktual.co —Wakil Ketua DPRD dari Gerindra, M. Taufik menyatakan kalau Koalisi Merah Putih (KMP) mendukung tuntutan yang disampaikan Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menuntut dilengserkannya Plt Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Hal itu disampaikannya saat berorasi di tengah ribuan massa GMJ yang meluber di depan gedung DPRD DKI di Jalan kebon Sirih, Jakarta Pusat, sejak pagi tadi, Senin (10/11).
“Kami koalisi merah putih mendukung tuntutan dari teman-teman GMJ untuk lengserkan Ahok,” ujarnya, Senin (10/11).
Taufik mengapresiasi sikap para demonstran yang telah menyampaikan aspirasinya ke gedung DPRD. Dikatakannya kalau berunjuk rasa itu tidak dilarang asal dilakukan secara tertib. 
Sementara itu politisi dari Fraksi PPP, Abraham Lunggana alias Haji Lulung mengatakan kalau DPRD memiliki catatan buruk tersendiri soal sosok Ahok. 
“Ahok adalah sumber masalah. Kita harus melengserkan Ahok secara konstitusional,” ujarnya. 
Setelah perwakilannya diterima DPRD, massa dari GMJ kemudian bergerak ke depan Gedung Balaikota DKI untuk mengajukan tuntutan yang sama. 
GMJ menolak Ahok dengan dasar Perppu No 1 Tahun tahun 2014 tentang pemilihan gubernur tertanggal 2 Oktober 2014 disebutkan soal pilkada yang terdapat perbedaan mekanisme pemilihan secara langsung. 
Mereka juga menggunakan UU No 32 Tahun 2004 yang menyebutkan wakil gubernur dapat menggantikan gubernur sampai berakhir masa jabatannya.

()