Jakarta, Aktual.co — Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia, Boyamin Saiman mengungkapkan, Kejaksaan Agung (Kejagung) dinilai masih belum bisa menyamai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi. Bahkan, kata dia, KPK sengaja dibentuk karena Kejagung dinilai tidak bisa memberantas korupsi.
“Adanya KPK itu karena dosanya Kejagung gak bisa berantas korupsi,” ujar Boyamin saat diskusi di Pusat Penerangan Hukum, Kejagung, Jakarta, Kamis (23/10).
Menurutnya, adanya KPK itu disebabkan aparat penegak hukum seperti Kejaksaan diangap belum mampu untuk menyelesaikan perkara korupsi. Dia mengatakan, KPK terbentuk lantaran ketidak percayaan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan.
Karena itulah dirinya berpendapat bahwa jabatan Jaksa Agung setidaknya harus dari eksternal kejaksaan. Boyamin menyebut ini untuk menebus dosa Kejagung yang selama ini tidak bisa menyamakan KPK.
“Sepanjang masih ada KPK dan Kejagung belum bisa menyamai KPK, maka Jaksa Agung harus dari luar. Anggaplah ini untuk menebus dosa Kejagung,” tambahnya

()

(Nebby)