Jakarta, Aktual.com – Guna menekan angka kecelakaan terutama di jalan tol, Jasa Marga berupaya untuk menggandeng Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dengan mengintegrasikan sistem e-TLE.

Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Agus Made mengatakan, pengembangan sistem e-TLE perlu dilakukan guna mendukung program road safety atau safer road.

“Fenomena kecelakaan di tol Cipularang, Purbaleunyi dan Jagorawi menjadi pelajaran berharga buat kita. Mari kita sudahi kejadian miris ini dengan melakukan evaluasi faktor keselamatan di jalan tol dan pengembangan sistem e-TLE, maka kolaborasi ini harus kita lakukan,” kata Agus, Kamis (19/9).

Di kesempatan yang sama Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan, kamera yang dimiliki oleh Jasa Marga mirip dengan kamera e-TLE di ruas jalan Sudirman-Thamrin.

“Kamera yang mereka miliki mereknya sama, hanya fiturnya saja yang perlu dikembangkan atau di update. Nah untuk untuk launching integrasi ini akan segera dilakukan yaitu tanggal 3 Oktober 2019,” ujar Arif.

Arif mengungkapkan, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Jasamarga sudah mendapat approval dari level pimpinan di Jasam Marga.

“Tinggal dilanjutkan dengan koordinasi dan instalasi perangkat di tataran tim teknis,” tutur mantan Kapolsek Kelapa Gading tersebut.

(Abdul Hamid)