Jakarta, Aktual.co —Pemerintah Kota Jakarta Utara mengingatkan pimpinan satuan perangkat kerja daerah (SKPD) di wilayah setempat menghemat penggunaan listrik untuk menekan pengeluaran anggaran belanja daerah.

“Jika dibiasakan hemat energi maka dapat menghemat pengeluaran belanja daerah dalam anggaran pendapatan belanja daerah,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Utara Tri Kurniadi di Jakarta, Kamis (6/11).

Ia juga telah menyampaikan perintah tersebut kepada semua pimpinan di sela-sela rapat pimpinan, Rabu (5/11). Dalam kesempatan tersebut, semua pimpinan menyatakan kesanggupannya.

Melalui penghematan energi, lanjut dia, dana yang dialokasikan melalui APBD dapat dialihkan ke program lainnya sesuai kepentingan masyarakat.

Menurut dia, penghematan energi dimulai dari kantor, semisal mematikan lampu saat istirahat dan tidak sampai lupa mematikan perangkat usai jam kerja.

“Kalau siang dan di ruangan tidak gelap, mengapa harus menyalakan lampu? Sama saja dengan pemborosan,” kata Plt Wali Kota Jakarta Utara tersebut.

Sementara itu, Kepala Humas Pemerintah Kota Jakarta Utara Rachmat Mulyadi menyambut positif dan sudah menindaklanjuti instruksi pimpinan.

“Sangat positif dan semua SKPD menjalankannya. Penghematan energi berarti menekan pengeluaran dan bisa dialihkan untuk rakyat,” katanya.

Pihaknya juga menyarankan agar semua pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kerja Pemkot Jakarta Utara saling mengingatkan antara satu dan yang lain terhadap penghematan energi ini.

(Andy Abdul Hamid)