Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengunjungi Antropolog yang juga putri tertua Proklamator RI, Muhammad Hatta, Meutia Hatta di bilangan Menteng Jakarta Pusat pada Rabu (26/10/2022). Pertemuan tersebut untuk membahas persoalan kedaulatan pangan nasional.

Menurut Wamentan Harvick, peningkatan produktivitas pangan menjadi salah satu kendala. Hal ini berkaitan dengan kualitas SDM, teknologi, serta dukungan modal.

“Salah satu kendala terbesar dalam mewujudkan kedaulatan pangan ini adalah meningkatkan produktivitas. Masalah ini erat kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan teknologi serta dukungan permodalan,” kata Wamentan dalam keterangannya yang diterima di Jakarta.

Wamentan Harvick menambahkan, saat ini Kementerian Pertanian tengah menggenjot indeks pertanaman di berbagai daerah. Bahkan, hampir di setiap kunjungan kerjanya, mantan bendahara PBNU ini terus mendorong peningkatan produksi.

Selain itu, Wamentan juga mengajak agar pemerintah daerah mengaktifkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menyerap hasil pertanian masyarakat.

“Hal ini penting dilakukan untuk menjaga agar harga hasil pertanian masyarakat dapat stabil,” ungkap dia.

(A. Hilmi)