Jakarta, Aktual.co — Tahukah Anda bahwa penciuman wanita lebih tajam daripada Pria? Hal itu sudah dibuktikan dengan penelitan secara ilmiah. Profesor Roberto Lent dari Institute of Biomedical Science di Federal University of Rio de Janeiro Departemen Ilmu dan Teknologi di Brasil, akhirnya menemukan bukti biologis pada otak pria dan wanita yang mungkin menjelaskan pencium perbedaan antara wanita dan pria ini.

Bukti yang ditemukan adalah bukti biologis dalam otak pria dan wanita yang menjelaskan adanya perbedaan olfaktori pada gender. Perbedaan ini tak hanya mempengaruhi cara wanita dan pria menerima bau, melainkan juga mempengaruhi persepsi mereka pada bau. Persepsi pada bau mempengaruhi pengalaman dan emosi pria dan wanita.

Superioritas wanita tak hanya dalam masalah sel olfaktori melainkan juga terhadap kognitif dan emosional mereka terhadap bau. Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap otak tujuh pria dan 11 wanita berusia 55 tahun yang sudah meninggal.

Menurut peneliti, wanita memang telah memiliki lebih banyak sel olfaktori sejak lahir. Hal ini memberikan mereka sensitivitas yang lebih tinggi terhadap bau dibandingkan pria. Beberapa peneliti percaya bahwa tambahan sel olfaktori dan kemampuan penciuman yang lebih tinggi ini penting untuk proses reproduksi serta pembentukan ikatan serta kedekatan dengan pasangan. Demikian dikutip Aktual dari dailymail, Sabtu (8/11).

(Eka)