Presiden Joko Widodo - Bank Dunia. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo meminta masukan kepada Managing Director IMF Christine Lagarde terkait upaya pemberdayaan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Tadi pagi tadi saya tanya kepada Ibu, Madame Cristine Lagarde, bagaimana ekonomi kecil, ekonomi mikro, ekonomi tengah ini menghadapi keterbukaan, menghadapi digitalisasi ekonomi,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat “blusukan” ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/2), bersama Christine Lagarde.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan delegasi IMF yang dipimpin langsung oleh Managing Directornya, Christine Lagarde, bertemu di Istana Merdeka, Jakarta, dan dilanjutkan dengan agenda blusukan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina dan Pasar Tanah Abang.

Presiden Jokowi mengatakan, Lagarde telah menyampaikan rumusan-rumusan terkait pertanyaan Jokowi kepadanya.

“Pertanyaan tadi saya sampaikan itu, dan beliau menyampaikan rumusan-rumusannya,” ungkapnya.

Hal itu penting apalagi menurut Jokowi, karena Indonesia faktanya memiliki Pasar Tanah Abang yang kiosnya berjumlah lebih dari 19 ribu unit.

“Ini sebuah kekuatan besar. Sehingga ini saya kita akan dan ini menjadi sebuah pengalaman lapangan bagi Ibu Lagarde agar disain ekonomi yang akan dilakukan, kebijakan ekonomi ini juga,” tuturnya.

Pada kesempatan blusukan itu, Presiden menemani Lagarde untuk berbelanja sejumlah oleh-oleh di Pasar Tanah Abang.

“Baju biru, baju koko untuk suami, oleh-oleh suami,” kata Presiden Jokowi saat ditanyakan tentang apa saja yang dibeli oleh Lagarde.

Lagarde yang berdiri di sisinya hanya tersenyum dan mengangguk.

ANT