Jakarta, Aktual.com – Selain bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar, bangun pagiĀ  ternyata juga berpengaruh pada kesuksesanĀ  seseorang. Menurut penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas, mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai IPK lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

Dan ternyata orang orang kaya top dunia pun memiliki kebiasaan bangun pagi dan memiliki rutinitas yang patut kita contoh, sebagaimana di lansir dari Kompas.com, sebelum melalui hari dengan segudang kesibukan, CEO Apple Tim Cook, bangun pagi sebelum pukul 04.00.

Lalu, ada Indra Nooyi, CEO PepsiCo yang tiba di kantornya tepat pukul 07.00. Sementara itu, CEO Twitter dan Square Jack Dorsey sudah siap memulai harinya sebelum pukul 06.00. Kita mungkin berpikir, kebiasaan para orang sukses tersebut sedikit ekstrem.

Nyatanya, rutinitas pagi memang sangat berpengaruh pada aktivitas sepanjang hari. Riset menunjukkan, memaksimalkan rutinitas pagi dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengambil tindakan.

Bahkan, aktivitas pagi hari juga dapat mengubah situasi demi keuntungan kita. Namun, sebagian besar orang yang terbiasa bangun di pagi hari, mampu meraih kesuksesan besar. Ada efek positif besar dalam hidup saat kita terbiasa bangun di pagi hari.

Berikut kami berikan tips yang tepat sesuai dengan panduan Rasulullah agar kita bisa bangun pagi dan apa yang harus dilaksanakan agar pada hari itu menjadi sukses, karena biasanya mood pada pagi hari akan mempengaruhi keadaan diri sampai malam.

1. Pastikan sebelum tidur dalam keadaan suci (berwudhu), dan pastikan kita sudah memaafkan kesakahan kesalahan orang yang berbuat salah kepada kita, kemudian niatkan dalam hati mau bangun jam berapa, sebelum itu baca doa doa zikir yang difahami dengan membaca doa doa tadi InsyaAllah godaan untuk tidur kembali setelah bangun bisa dilawan.

2. Setelah kita terjaga sebaiknya tidak langsung berdiri bangun, melainkan merenung dulu sejenak sambil mensyukuri nikmat nikmat yang Allah berikan saat itu, terutama kesehatan seluruh anggota tubuh yang bisa berfungsi kembali normal setelah tertidur dalam keadaaan yang lemah diluar kontrol kita.

3. Kemudian pergi ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Kemudian berdoa (ibadah subuh bagi yang muslim) bahkan bila perlu melakukan sedekah di pagi hari, (sedekah subuh) serta meditasi menyesuaikan impian masung masing apa yang akan di lakukan pada hari ini.

4. Disarankan tidak membuka hp lebih dahulu sebelum mengerjakan hal hal diatas karena bisa membingungkan informasi yang diterima oleh otak kita. Dan bias menggangu informasi mood berikutnya.

5. Selanjutnya mengerjakan rutinitas apa yang harus dikerjakan sebaiknya mengerjakan hal yang berat berat terlebih dahulu kemudian lakukan yang ringan ringan di berikutnya.

6. Jangan lupa syukuri apa yang telah dilakukan dan didapatkan pada hari itu. Dan usahakan agar untuk tidur diawal agar bisa bangun lebih keesokan harinya dengan lebih bugar.

Selamat Mencoba!

(Ahmad Himawan)

(A. Hilmi)