Jakarta, Aktual.com – Dengan perkembangan teknologi di era digital, sekarang berbagai situs belanja online berlomba-lomba menawarkan metode pembayaran yang sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan kemampuan penggunanya. Mulai dari pembayaran lewat ATM,  bayar di tempat (COD), virtual akun, transfer bank, cicilan hingga Pay Later.

Begitu juga  dengan Traveloka yang memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan dalam pembayaran. Selain mempunyai metode pembayaran yang bervariasi, lifestyle supperapp ini juga mempunyai fasilitas PayLater. Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda harus berusia antara 21-70 tahun dan memiliki KTP sebelum melakukan pendaftaran. Saat melakukan registrasi Traveloka PayLater, Anda harus mengisi sejumlah data mulai dari identitas diri, pekerjaan, detail keluarga, dan lainnya.

Setelah itu, Anda harus melakukan verifikasi data dan jika disetujui, Anda bisa langsung menggunakan PayLater untuk bertransaksi. Lalu, transaksi apa yang bisa dibayar dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan dengan Traveloka PayLater? Simak ulasan berikut ini untuk penjelasan selengkapnya

  1. Booking Tiket Perjalanan

Dengan Traveloka PayLater, Anda bisa membeli berbagai keperluan dan tiket perjalanan mulai dari tiket pesawat, bus, travel, kereta api dan lainnya menggunakan fasilitas ini. Layanan PayLater tentunya sangat menguntungkan jika Anda ingin bepergian tapi sedang dalam kondisi tidak memiliki uang cash.

Jika jadwal keberangkatan perjalanan Anda termasuk dalam periode high season seperti  hari raya, libur  panjang atau liburan akhir tahun, sebaiknya Anda membeli tiket perjalanan sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket atau malah mendapatkan harga tiket diatas normal. Nah, jika ingin mendapatkan harga miring di waktu-waktu tertentu atau low season, Anda jangan ragu untuk berburu diskon atau cashback dengan memanfaatkan PayLater meskipun sedang tidak ada budget.

  1. Booking Hotel dan Penginapan

Berikutnya, yang bisa Anda lakukan dengan fitur Traveloka PayLater yaitu membooking hotel atau penginapan. PayLater ini tentu sangat menguntungkan jika Anda hobi staycation atau traveling keluar kota selama beberapa waktu. Jika dana yang Anda miliki di tangan sedang terbatas, Anda bisa menggunakan PayLater untuk memesan kamar hotel incaran Anda di Traveloka. Untuk memenuhi kebutuhan para pengguna agar bisa menginap di tempat yang nyaman, Traveloka telah bekerja sama dengan berbagai hotel, penginapan dan properti yang ada di seluruh Indonesia.Dari segi harga dan fasilitas, Anda bisa memilih penginapan seperti apa yang Anda inginkan karena Traveloka punya beragam pilihan dan variasi.

Jika Anda lebih suka penginapan yang mewah, Anda bisa memesan kamar di hotel berbintang. Namun, Traveloka juga menyediakan opsi glamping, vila, hostel, apartemen, homestay, camping, cottage, B hingga resort sebagai alternatif untuk  tempat menginap saat melakukan perjalanan. Dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan di Traveloka, tentunya Anda bisa lebih mudah melakukan perbandingan harga agar bisa mendapatkan kamar yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda. Menariknya, Anda bisa langsung memesannya dengan PayLater

  1. Sewa Mobil saat Traveling

Agar mobilitas Anda saat traveling baik di dalam dan luar kota lebih mudah, Traveloka menawarkan fasilitas sewa mobil dengan menggunakan pembayaran PayLater. Ada dua tipe sewa mobil di Traveloka yang bisa Anda pilih, yaitu sewa mobil dengan lepas kunci dan rental mobil sekaligus dengan sopir. Ada beberapa jenis mobil yang saat menjadi mobil favorit para pengguna Traveloka, diantaranya Toyota Innova, Toyota Yaris,  Avanza, Toyota Camry,  Alphard, Toyota Vios dan lainnya.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh keluar kota, menyewa mobil sekaligus dengan sopir bisa menjadi pilihan terbaik agar tubuh Anda tidak merasa lelah berlebihan. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan Anda selama perjalanan, ada fitur Clean Trip di Traveloka yang memastikan perjalanan Anda aman dan terbebas dari COVID-19.

  1. Membeli Berbagai Produk Traveloka Xperience

Traveloka Xperience adalah fitur Traveloka yang bisa membantu Anda menemukan layanan atau aktifitas yang dibutuhkan. Misalnya membeli layanan beauty and spa, olahraga, tiket masuk ke tempat wisata, kursus dan workshop, hiburan hingga tes kesehatan. Dengan menggunakan layanan PayLater, Anda dengan mudah bisa mencicil produk-produk  Xperience secara cicilan.

Traveloka juga banyak menawarkan promo bagi pengguna, misalnya beli 1 gratis 1 untuk tiket bioskop bagi para pengguna PayLater. Promo lainnya yaitu kupon diskon dan untuk informasi promo selengkapnya bisa langsung Anda cek di menu promo pada aplikasi Traveloka.

  1. Pesan Makanan Dengan Fitur Eats

Selain bisa untuk membeli berbagai produk, kamu juga bisa memesan makanan dengan fitur Eats lewat Traveloka PayLater. Dengan fitur ini, Anda berbagai restoran atau tempat makan yang dekat dengan lokasi wisata bisa dengan mudah Anda temukan. Eats juga telah bekerja sama dengan sejumlah tempat makan dan restoran ternama serta menawarkan berbagai promo khusus jika Anda menggunakan fitur Eats dengan Paylate

  1. Belanja di E-commerce

Terakhir, Traveloka PayLater juga bisa digunakan untuk belanja online di ecommece seperti Blibli, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan JD.ID. Tapi sebelum berbelanja, Anda harus memastikan virtual number yang akan dipakai untuk bertransaksi. Untuk bisa mendapatkan virtual number, syaratnya yaitu PayLater yang Anda gunakan harus berada di level tinggi, serta Anda perlu mengajukan virtual number. Jika Anda pengguna baru, mulailah untuk mengumpulkan skor dari sekarang agar bisa naik level sebagai persyaratan untuk mendapatkan virtual number.

Itu dia hal-hal yang bisa Anda beli saat menjadi pengguna layanan Traveloka PayLater. Sebelum memutuskan untuk mendaftar PayLater dan mengajukan kredit di Traveloka, sebaiknya pastikan dulu kondisi finansial Anda saat ini. Pastikan kondisi keuangan berada dalam keadaan sehat agar tidak terjadi risiko gagal bayar. Selamat mencoba!

(Nurman Abdul Rahman)