Surabaya, Aktual.com – Dua penghargaan sekaligus diberikan kepada Kabupaten Jember oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Pertama adalah penyematan Satya Lencana Pratama. Penghargaan itu didapat setelah tidak ada lagi desa tertinggal dan desa sangat tertinggal di Kabupaten Jember. Di Jember saat ini hanya ada desa berkembang dan desa maju. Tercatat, ada 4 desa berkembang serta 222 desa maju dan mandiri.

Kedua, Satya Lencana Ekonomi Desa. Yakni, kategori kabupaten yang melakukan percepatan transformasi perubahan BKAD (eks PNPM, red) menjadi BUMDesma. Dalam hal ini, terdapat 26 BUMDesma di Kabupaten Jember. Sementara itu, kategori ini diberikan kepada 8 kabupaten se-Jatim.

Diwakili Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Arief Tyahyono, penyerahan kedua lencana untuk Bupati Jember, Hendy Siswanto, diberikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di KRI Makassar – 590, Koarmada II, pada Kamis (27/10) siang di Surabaya.

“Alhamdulillah, hari ini Kabupaten Jember mendapatkan dua penghargaan dari Menteri Desa PDTT,” ucap Pj. Sekda Arief Tyahyono. Mudah-mudahan, lanjutnya, prestasi ini dapat berlanjut pada tahun mendatang. “Selamat dan sukses untuk masyarakat Jember, selamat dan sukses untuk Bapak Bupati Jember,” tandasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)