Tim putri Jawa Barat melaju ke babak empat besar setelah memastikan kemenangan atas Sumatra Selatan dengan skor telak 3-0 (25-15, 25-10, 25-13) di GOR Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jakarta, Aktual.com – Tiga tim putri, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta memastikan tiket semifinal setelah tampil apik sepanjang fase grup Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Voli Junior 2022.

Jawa Barat melaju ke babak empat besar seusai menang atas Sumatra Selatan dengan skor telak 3-0 (25-15, 25-10, 25-13) di GOR Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/12).

Kemenangan ini membuat skuad Bumi Pasundan berada di puncak klasemen sementara dengan mengantongi enam poin hasil sapu bersih dua laga Pul Y. Sebelumnya Jawa Barat juga menang atas Jawa Tengah dengan skor 3-0 (25-22, 25-23, 25-19).

Meski masih menyisakan satu pertandingan melawan DKI Jakarta pada Kamis (15/12), poin Jawa Barat sudah tak terkejar dan dipastikan lolos ke semifinal.

“Kami sudah pasti ke semifinal. Hanya saja untuk menjadi juara Pul Y kami belum,” ujar pelatih Jawa Barat, Herry Siswanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Meski sudah dipastikan lolos ke semifinal, Herry mengatakan tetap berjuang untuk bisa meraih kemenangan melawan DKI Jakarta. “Kita tetap fight dengan DKI,” ujarnya menambahkan.

Dalam klasemen Pul Y, DKI Jakarta untuk sementara menempati peringkat kedua dengan empat poin hasil satu kali menang dan satu kali kalah.

Jawa Tengah di urutan ketiga dengan dua poin juga hasil dari satu menang dan satu kali kalah. DKI lebih baik dalam kemenangan set. Adapun Sumatra Selatan berada di dasar klasemen dan belum meraih satu poin pun.

Dengan demikian satu tempat tiket final di Pul Y masih diperebutkan. Tergantung dari hasil pertandingan terakhir fase grup, Kamis (15/12) yang juga mempertemukan Jawa Tengah versus Sumatra Selatan.

Sementara itu dalam persaingan Pul X, Jawa Timur dan DI Yogyakarta sudah dipastikan lolos ke semifinal setelah sama-sama mengemas tiga poin. Di Pul X hanya tiga tim yang bersaing.

Dalam pertandingan hari ini, DI Yogyakarta membuat Lampung tersisih setelah menang dengan skor 3-0 (25-17, 25-20, 25-16).

Jawa Timur dan DI Yogyakarta akan bersaing untuk memperebutkan status juara Pul X. Hasil apa pun kedua tim tersebut tetap lolos ke babak empat besar Kejurnas Bola Voli Junior 2022.

(Arie Saputra)