Jember, Aktual.com – 80 Kepala Desa mengikuti pelatihan kepemimpinan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Aula Secaba pada Sabtu, (26/11). Dalam penutupan pelatihan, Bupati Jember hadir dengan disambut meriah oleh peserta pelatihan angkatan pertama, yang juga pertama kali digelar. Tujuan dari pelatihan kepemimpinan tersebut, tak lain untuk lebih meningkatkan kecakapan sekaligus kepemimpinan kades.

“Bupati dan Kades memiliki tanggung jawab yang sama untuk memimpin rakyat. Oleh karenanya pelatihan ini menjadi penting dan manjadi tanggung jawab bersama,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto, usai memberikan sambutan.

Dengan berakhirnya pelatihan tersebut, Bupati mengajak para Kades untuk menyatukan visi dan misi untuk menyukseskan program kerja dari Pemerintah Kabupaten Jember. Dalam hal ini, kerjasama dan berkolaborasi serta akselerasi yang sangat dibutuhkan dengan semua pihak terkait.

“Lakukan kerja bagus saja. Bantu rakyat sebanyak-banyaknya. InsyaAllah, rezeki akan datang dari arah yang tak terduga,” ungkap bupati.

Dengan kerjasama secara bersama, tentunya hal itu membuat selangkah lebih maju untuk membuat Jember yang semakin keren.

“Kita harus kerjasama jangan sendiri-sendiri. Menjadi Kades itu berat. Panjenengan adalah pioneer masyarakat,” imbuhnya.

Dengan ilmu yang didapat oleh para Kades tersebut, Pemkab Jember berharap akan memberikan manfaat.

“kami berharap kepada para Kades, untuk lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat,” harapnya.

Setelah pelatihan angkatan pertama ini, Pemkab Jember akan kembali menyelenggarakan pelatihan yang sama, mengingat masih terdapat 140 lebih Kepala Desa yang belum mengikuti pelatihan.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)