Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi (tengah) bersama KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali. Foto: AKTUAL/istimewa
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi (tengah) bersama KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali. Foto: AKTUAL/istimewa

Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Muhammad Ali di ruang kerjanya, Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Wamentan Harvick dalam keterangannya menyampaikan kedatangan KASAL yang baru dilantik ini sebagai memperkuat sinergitas antara TNI AL dan Kementerian Pertanian dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan.

“Kunjungan ini dalam rangka melanjutkan program KASAL sebelumnya, yakni Laksamana TNI Yudo Margono untuk meningkatkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan nasional, khususnya dengan pemanfaatan lahan di tiap-tiap satuan TNI AL seluruh Indonesia,” katanya.

Wamentan mengungkapkan, di era kepimpinan Laksamana TNI Yudo Margono, TNI AL dan Kementerian Pertanian telah melakukan penanaman sorgum secara serentak di 77 titik lahan TNI AL seluruh Indonesia.

Bahkan, Gerakan Nasional Penanaman Sorgum yang dibuka di Kampung Neglasari, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, pada Jumat (9/9/2022) lalu, mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

“InsyaAllah, upaya-upaya ini akan terus kita lakukan. Mungkin tidak hanya pada komoditas sorgum saja, tetapi komoditas lainnya juga akan kami kembangkan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Laksamana TNI Muhammad Ali resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pada Rabu (28/12/2022) lalu di Istana Negara, Jakarta. Posisi Ali sendiri menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang telah lebih dulu ditunjuk menjadi Panglima TNI.

(A. Hilmi)