Jakarta, Aktual.comMempelajari bahasa Inggris adalah pengalaman yang mungkin akan pernah dirasakan semua orang di Indonesia. Namun, tidak selamanya pengalaman ini berakhir menjadi memori yang indah.

Selain karena tingkat kesulitannya, mempelajari bahasa Inggris dengan metode yang salah juga semakin meningkatkan tingkat komplikasi proses akuisisi bahasa asing yang satu ini.

Tapi tenang, dengan mengikuti tips berikut ini, kamu akan bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat.

1. Buat Catatan

Memang sih, semua guru akan menyuruh kamu untuk untuk membuat catatan. Jangan gusar dulu karena menuliskan sesuatu memang terbukti dapat membantu Anda untuk mengingat sesuatu dan merupakan kunci untuk belajar bahasa Inggris secara efektif. Kalau kamu hanya sekedar mengambil foto dari catatan tersebut, kamu akan hanya mengingat sedikit tentang apa yang ada di papan tulis, tetapi jika kamu menuliskannya, kamu akan mulai memproses informasinya.

2. Tinjau Ulang Pelajaran

Kamu harus me-review materi pelajaran secara teratur kalau kamu ingin cepat belajar bahasa Inggris. Kamu juga perlu untuk meninjau kosakata beberapa kali sebelum dapat menjadikannya bagian dari bahasa aktif yang bisa kamu gunakan. Pastikan untuk melakukan review pada hari kamu mempelajarinya, keesokan harinya, pada akhir minggu dan beberapa kali pada minggu berikutnya.

3. Gunakan Kamus yang Bagus

Bagaimana cara untuk tahu jika kamus yang kamu gunakan bagus? Mudah saja, usahakan untuk menggunakan kamus yang sudah dikenal dengan baik. Di Inggris, kamus Cambridge dan Oxford memiliki reputasi yang sangat baik. Selain itu, tidak ada salahnya untuk menanyakan pada para guru dan siswa lain kamus mana yang bagus dan bisa digunakan.

4. Berlatih Bicara

Belajar bahasa adalah tentang komunikasi, jika Anda tidak berbicara, maka akan sulit untuk memperbaikinya. Jika Anda seorang pemalu, cobalah mencari tempat yang aman untuk berlatih berbicara bahasa Inggris. Perlu diingat bahwa ada banyak orang yang bisa berbicara tetapi tidak berkembang dalam menggunakan bahasa Inggris. Intinya ada pada kebutuhan untuk mendengarkan diri sendiri saat berbicara. Anda perlu memikirkan tata bahasa dan kosa kata yang Anda gunakan.

5. Tetapkan Tujuan untuk Belajar

Hal penting selanjutnya yang harus jadi perhatian adalah bahwa kamu perlu untuk menetapkan tujuan yang realistis ketika belajar bahasa Inggris. Tetapkan tujuan yang realistis untuk diri kamu sendiri dan kemudian bersikap jujurlah kepada diri kamu sendiri ketika kamu telah mencapai target tersebut. Jangan pernah untuk mematok target belajar yang terlalu tinggi karena kita semua tahu, target belajar yang imajinatif ini terlalu muluk untuk menjadi realita.

6. Pilih Layanan Les Bahasa Inggris Terpercaya

Saat ini, ada cukup banyak vendor dan penyedia jasa les bahasa Inggris yang tersedia. Namun tidak semuanya punya komitmen yang sama baiknya seperti LingoAce. Platform pendidikan digital online ini memiliki prestasi terbaik dengan berhasil masuk ke dalam daftar GSV EdTech 150 yang dikurasi oleh GSV Ventures dan terpilih sebagai salah satu perusahaan dengan pertumbuhan paling transformatif di dunia dalam kategori pembelajaran digital.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca dalam bahasa Inggris, LingoAce menyediakan media belajar bahasa Inggris yang aman dan menyenangkan untuk anak-anak, serta mendorong anak untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas. Para pengajar yang ikut serta dalam proses ini adalah para profesional sejati yang telah memiliki sertifikasi CEFR.

Ayo bergabung ke LingoAce sekarang juga untuk dapat merasakan perbedaan belajar bahasa Inggris dari para guru native speaker terbaik.

(Wisnu)