Jakarta, Aktual.co — Kebijakan kenaikan harag Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, membuat pengguna motor matic sengsara. Pasalnya, motor matic mempunyai kebutuhan BBM yang lebih, dibandingkan dengan motor manual.

Tapi, kali ini pengguna motor matic tidak perlu bingung. Tim redaksi Aktual.co telah menyiapkan beberapa tip meminimalisir BBM motor matic Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah, dengan membersihkan karburator secara rutin.

Mengapa karburator? Karena karburator merupakan komponen yang yang bertanggungjawab atas udara yang masuk pada tangki BBM. Apabila udara gampang masuk ke tangki, secara otomatis BBM Anda akan gampang memuai.

Selain itu, cara lain yang dapat Anda lakukan adalah, dengan mengendarai motor anda dengan kecepatan yang stabil. Jika Anda sering memainkan gas dan menurunkan gas, BBM Anda akan cepat habis. Karena saat Anda menarik gas dengan kencang, motor matic Anda memrelukan BBM yang lebih besar.

Langkah terakhir ialah dengan memilih oli yang cocok dengan motor matic Anda. Pergesekan mesin yang tinggi karena oli yang tidak cocok, akan membuat mesin lebih cepat panas dan gas lebih berat. Kalau hal tersebut terjadi, tentu bahan bakar juga akan semakin boros.

()

()