Jakarta, Aktual.com – Stock opname atau stok barang adalah kegiatan perhitungan persediaan fisik stok barang yang berada di dalam toko atau gudang. Secara umum, kegiatan ini dilakukan guna mengetahui secara pasti dan akurat mengenai kecocokan barang dengan catatan pembukuan internal.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena Anda akan benar-benar secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Untuk mengatasi persoalan ini, perusahaan sudah harus mengatur waktu secara efisien ketika ingin melakukan stock opname.

Seiring perkembangannya, stok opname dapat dilakukan dengan aplikasi stok barang sehingga memudahkan pengelolaan barang. Bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas lebih jauh lewat artikel ini.

Manfaat Aplikasi Stok Barang

Nah, dari penjelasan tentang pengertian stok barang di atas, Anda tentu bisa mengetahui apa saja manfaat stok barang untuk bisnis kan? Berikut ini merupakan beberapa manfaat aplikasi stok barang yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Menjaga Ketersediaan Barang Produksi

Bagi Anda yang memproduksi barang, tentu memiliki siklus manajemen produksi kan? Sistem tersebut dilakukan untuk menghindari keterlambatan produksi barang yang dapat berdampak pada kerugian.

Karena, saat barang terlambat diproduksi, Anda tetap harus menanggung biaya operasional dari tempat produksi yang Anda gunakan. Maka dari itu, stok barang digunakan untuk memudahkan para pengusaha seperti Anda dalam memantau dan menjaga ketersediaan barang produksi.

2. Menjaga Ketersediaan Peredaran Barang di Pasaran

Setelah barang selesai diproduksi, Anda tentu harus segera mengedarkannya hingga sampai ke tangan konsumen. Beberapa pengusaha mungkin memiliki kerjasama dengan pihak ke tiga untuk memasarkan produknya di pasaran. Untuk itu, Anda tentu harus menjamin ketersediaan produk yang beredar di pasaran.

Karena, data yang dihasilkan dari ketersediaan produk di pasaran, mencerminkan berapa banyak penyerapan konsumen atau tingkat permintaan pasar pada produk yang Anda jual. Dari data ini, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan jumlah produksi, jika tingkat permintaan tinggi, atau menurunkan produksi jika permintaan sedang rendah. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada biaya produksi, sekaligus tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

3. Lebih Mudah Memantau dan Mengendalikan Barang

Dengan stok barang yang baik, Anda akan lebih mudah memantau dan mengendalikan barang, baik dalam hal produksi atau pengadaan dan ketersediaannya. Stok barang memberikan data ter-update tentang kondisi produk, sehingga Anda dapat memperkirakan kebutuhan pasar hingga kapasitas produksi yang Anda miliki.

Apalagi, jika produk Anda beredar di banyak lokasi, misalnya tersebar hingga ke berbagai daerah di luar lokasi produksi, maka semakin rumit pula cara mengelolanya. Lewat aplikasi stok barang yang baik, pusat kendali ada di tangan Anda. Tak hanya mengontrol stok atau ketersediaan produk, Anda juga bisa mengecek kondisi barang, memesan dari pemasok hingga melacak barang yang sedang dikirim.

4. Meningkatkan Efisiensi, Produktivitas dan Penghematan Biaya

Stok barang sejatinya dirancang sebagai alat bantu yang menyediakan data tentang kondisi produk. Lewat sistem ini, pendataan barang menjadi lebih efisien dan akurat. Data yang disajikan langsung terpusat pada sistem yang bisa Anda lihat dari mana saja dan kapan saja, sehingga Anda bisa memangkas biaya yang seharusnya Anda keluarkan untuk membayar karyawan yang khusus memantau inventaris perusahaan Anda.

Aplikasi stok barang terkini, dirancang dengan sistem otomatis yang dapat menghindari kesalahan atau human error, sehingga karyawan Anda tidak lagi harus mencatat laporan yang memakan waktu lama, jadi mereka bisa lebih fokus melakukan pekerjaan lain yang lebih penting.

Fitur Yang Disajikan Sistem Aplikasi Stok Barang

lanjut halaman berikutnya…

1
2
3