Jakarta, Aktual.com – Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyatakan siap membuka kembali seluruh wahana wisata pada Sabtu (20/6) bagi para wisatawan.

“Rencana kita buka 20 Juni 2020. Seluruh kawasan akan dibuka kembali,” ujar Direktur Utama TMII Tantribali Lamo, menjawab pers di Jakarta, Rabu (10/6).

Menyambut penerapan normal baru selama wabah COVID-19, TMII akan memberlakukan sejumlah langkah pencegahan COVID-19.

Langkah pencegahan yang dimaksud di antaranya pembatasan jumlah wisatawan sebanyak 50 persen dari total kapasitas tampung wisatawan sekitar 60 ribu orang.

TMII yang berdiri di atas lahan seluas 130 hektare di timur Jakarta itu ditutup selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akhir April 2020.

Memasuki normal baru pengelola TMII akan membatasi jumlah pengunjung di dua pintu masuk kawasan.

“Kita ada dua pembatasan, pertama jumlah pengunjung besar dari pintu utama, kemudian tempat unit kerja bisa kita batasi juga,” katanya.

Contohnya di wahana Taman Burung yang berkapasitas sampai 900 orang, akan dibatasi menjadi 400-an pengunjung.

Untuk wisatawan yang belum bisa masuk ke dalam kawasan, kata Tantribali, telah disiapkan tempat khusus yang diklaim aman dan nyaman.

Selain pembatasan wisatawan, TMII juga menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung berupa penyediaan fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, masker hingga batasan jarak pada koridor antrean.

“Pengunjung yang tidak bawa masker kita berikan secara gratis, dan dimungkinkan juga mereka bisa beli masker di TMII,” katanya.

Bila dalam proses pengecekan suhu tubuh, ada pengunjung suhu tubuhnya lebih tinggi dari normal, akan dirujuk menuju sejumlah rumah sakit yang telah bekerja sama dengan pengelola TMII.

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)