Siak, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, mengaku siap mengikuti Lomba Inovasi Daerah dalam Pelaksanaan Tatanan Normal Baru dan Aman COVID-19 setelah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Bupati Siak Alfedri di Siak, Sabtu (6/6), mengatakan lomba itu diselenggarakan oleh pemerintah pusat melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri.

Keikutsertaan Kabupaten Siak dalam perlombaan tersebut haruslah mengutamakan ide inovasi, dengan menonjolkan karakter daerah sebagai tujuan pariwisata.

“Ini juga sambil mempromosikan Istana Asserayah Al Hasyimiyah sebagai ikon utama pariwisata Kabupaten Siak itu,” katanya.

Diharapkan nanti dalam video yang diperlombakan dapat mengilustrasikan usaha kita dalam memperhatikan protokol kesehatan di bidang pariwisata.

Hal itu misalnya lewat publikasi dengan “tagline” tatanan normal baru dan aman COVID-19 berupa media luar ruang, dan memaksimalkan peran-bujang dara pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait juga harus ikut mengkampanyekan implementasi kehidupan normal baru.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Siak, Wan M Yunus mengatakan ada tujuh kategori yang diperlombakan. Kabupaten Siak rencananya akan mengirimkan video lomba untuk enam kategori.

“Di antaranya yakni penerapan tatanan normal baru di pasar, hotel, restoran, transportasi, tempat wisata dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),” ungkapnya.

Selain dirinya dan bupati, untuk persiapan ini juga sudah dirapatkan dengan Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat dan Ekonomi Pembangunan. Lalu Kepala Dinas Kesehatan, serta sejumlah pimpinan OPD terkait lainnya.

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)