Will Smith (kanan) menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022, Academy Awards ke-94, Hollywood, Los Angeles, California, AS., 27 Maret 2022. (REUTERS/BRIAN SNYDER)

Jakarta, Aktual.com –  Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah mempercepat jadwal pertemuan untuk membahas kemungkinan sanksi terhadap pemenang aktor terbaik Will Smith karena menampar presenter Chris Rock menjadi Jumat, menurut surat dari presiden kelompok itu. Pertemuan dewan awalnya direncanakan pada 18 April.

Smith mengundurkan diri dari Academy pada Jumat dan mengatakan akan menerima konsekuensi apa pun yang diputuskan. Karena Smith telah mengundurkan diri, Academy tak perlu lagi mengikuti jadwal yang ditentukan secara hukum untuk mempertimbangkan masalah ini, kata Presiden Academy David Rubin dalam surat kepada para anggota.

Dikutip dari Reuters, Rubin mengatakan menangani dalam waktu yang lebih cepat adalah keputusan terbaik untuk semua pihak yang terlibat.

Sanksi yang mungkin dijatuhkan kepada Smith adalah membuatnya tidak bisa menerima penghargaan kelak atau melarangnya menghadiri acara Oscar di kemudian hari.

Pada acara yang tayang 27 Maret, Smith naik ke panggung dan menampar Chris Rock yang melontarkan gurauan tentang penampilan istrinya, Jada Pinkett Smith. Kurang dari sejam kemudian, Smith kembali naik panggung dan memberikan pidato panjang penuh air mata karena dinobatkan sebagai Aktor Terbaik untuk perannya di film “King Richard”. Setelah upacara selesai, Smith terlihat menari di pesta Vanity Fair.

Gurauan Joke tentang istri Smith merujuk kepada film “G.I. Jane” di mana aktris Demi Moore mencukur rambutnya. Belum diketahui apakah Rock tahu bahwa Jada Pinkett Smith punya kondisi medis yang menyebabkan rambut rontok.

(Antara)

(Nurman Abdul Rahman)