Jakarta, aktual.com – PT Transportasi Jakarta menyelenggarakan kompetisi dengan tema “Kampung Udara Bersih Jaklingko” untuk mendukung masyarakat beralih menggunakan salah satu layanan di Grup Transjakarta, mikrotrans.

“Jakarta Timur adalah daerah yang besar dan mendapatkan rute mikrotrans paling banyak. 24 rute sudah terkoneksi dengan BRT (Bus Rapid Transportation) dan nonBRT. Sudah ada juga 286 armada mikrotrans melayani Jakarta Timur, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjaring lebih banyak mitra untuk menggunakan layanan kita,” kata Sekretaris Korporasi Transjakarta Nadia Disposanjoyo di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/11).

Menurut dia, kompetisi ini diikuti 65 kelurahan dan sudah berlangsung sejak September 2019.

Sejak diadakannya kompetisi itu, berdasarkan data Transjakarta terdapat peningkatan pengguna terutama yang berasal dari pelajar.

“Dari kegiatan ini, Transjakarta ikut menyosialisasikan mikrotrans. Ternyata masih banyak masyarakat khususnya lansia yang belum tau. Mereka akhirnya antusias buat pakai mikrotrans karena tarifnya yang murah Rp5000 per tiga jam,” kata Nadia.

Nantinya pemenang kompetisi Kampung Udara Bersih Jaklingko dinilai dari banyaknya pengguna yang berasal dari kelurahan yang terdaftar sebagai peserta kompetisi.

Kelurahan yang menjadi pemenang dalam kompetisi itu nantinya akan mendapatkan revitalisasi yang dibiayai oleh Transjakarta dan mendapatkan pendampingan untuk kegiatan wirausaha yang dapat menambah pemasukan masyarakat.

Pengumuman pemenang kompetisi itu akan dilaksanakan pada minggu kedua Desember depan dan akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)