Nias, aktual.com – Tujuh aparatur sipil negara yang bertugas di jajaran Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, menerima penghargaan karena dinilai mampu menjalankan tugas dengan baik.

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, di Nias, Selasa (21/1), mengatakan, penghargaan yang diberikan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas hal hal terbaik yang telah dilakukan ASN penerima penghargaan selama ini.

Indikator ASN terbaik dan berprestasi penerima penghargaan menurut dia adalah kedisiplinan, kinerja atau produktivitas kerja, kreatif dan inovatif, sinergisitas, loyalitas, kompetensi, pengembangan diri, dan keteladanan.

“Selain ASN, kita juga memberikan penghargaan kepada perangkat daerah terbaik dan berprestasi,” jelasnya.

Perangkat daerah yang dianggap berkinerja baik dan berprestasi penerima penghargaan dinilai dari pertanggungjawaban pelaksanaan pengelolaan perencanaan strategis, laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ).

Tindak lanjut hasil pemeriksaan inspektorat daerah, laporan kinerja dan perjanjian kinerja, laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD), pengelolaan keuangan dan aset daerah, implementasi KIS (kreatifitas, inovatif dan sinergisitas) dan pengelolaan kepegawaian.

“Sejumlah indikator tersebut tidak mudah didapat, sehingga kita berharap penghargaan yang kita berikan bisa menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi,” harapnya.

Ia juga mengingatkan bahwa penghargaan yang diberikan juga merupakan sebuah tanggungjawab, sebab masyarakat akan menilai implementasi atau bukti dari prestasi dan kinerja penerima penghargaan.

ASN terbaik dan berprestasi penerima penghargaan adalah Fajar Krisman Harefa, Yafeti Kurniawan Jaya Mendrofa, Elisman Dedi P Harefa, Herniwati Zebua, Sozanolo Zai, Sona Kurniaman Hia dan Fanolo Zebua.

Sedangkan perangkat daerah yang menerima penghargaan adalah Sekretariat daerah, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Inspektorat Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Rumah sakit umum daerah Gunungsitoli, Badan pengelolaan keuangan, pendapatan dan aset, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,

Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias.

(Eko Priyanto)