Jakarta, Aktual.co —Para pembuat alat masak yang menggunakan bahan alumunium dan stainless steel di Cawang, Jakarta Timur keluhkan terus meroketnya harga plat alumunium.
Imam, salah seorang pengusaha alat masak, mengatakan harga plat alumunium selebar satu kali dua meter saat ini terus naik dari Rp130 ribu menjadi Rp160 ribu.
Kenaikkan itu dikeluhkannya lantaran dalam sebulan bisa naik dua kali. “Sekali naik bisa Rp10 ribu sampai Rp20 ribu,” ujarnya, di Jakarta, Selasa (21/10).
Tak mau kecewakan pelanggan, meski harga bahan baku terus meroket Iwan memilih mengurangi keuntungan yang bisa didapatnya ketimbang menaikkan harga. 
Dari selembar plat alumunium, Iwan mengaku bisa membuat dua dandang besar berdiameter 45cm. Dandang seukuran itu dijualnya dengan harga Rp450 ribu.
Berbeda dengan Imam, pengusaha lainnya yakni Malay, justru lebih memilih menaikkan saja harga ke konsumen untuk menutup ongkos produksi. 
“Kami terpaksa menaikkan harga produk. Yang susah jika sudah ada pemesan, kita sudah tentukan harga ternyata bahan baku naik,” katanya.
Dia mengaku khawatir terus naiknya harga plat alumunium bakal membuat produk alat masak lokal sulit bersaing dengan produk luar negeri yang harganya lebih murah. 

()