reza priyambada

Jakarta, Aktual.com – Laju nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS (USD) pada hari ini terlihat mulai alami apresiasi. Perilaku pasar ini sepertinya menyambut data-data makro ekonomi yang akan segera dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

Mengutip Bloomberg, Rupiah dibuka di posisi Rp13.314 atau menguat 11 poin dari penutupan kemarin di angka Rp13.325. Namun dalam 30 menit pertama ternyata mulai terlihat melemah dari sesi pembukaan ke posisi Rp13.318.

Reza Priyambada, Analis Pasar Uang Binaartha Sekuritas menegaskan, pergerakan Rupiah yang mampu mengalami kenaikan itu seiring adanya imbas penguatan sejumlah mata uang Asia, terutama Yen (JPY) dan Yuan (CNY), meski rilis data-data makroekonomi kedua negara itu cenderung menurunan.

Memang indeks industrial production Jepang bulanan dirilis di angka 1,6 persen atau di bawah konsensus 1,7 persen. Sedang NBS manufacturing China dirilis 51,4 persen di bawah konsensus 51,6 persen.

“Kondisi itu ternyata membuat mata uangnya malah naik, dan rupiah pun ikut terimbas positif. Padahal sentimen dari dalam negeri masih minim pemberitaan positif, sehingga kondisi rupiah lebih banyak terimbas sentimen global,” jelas dia, di Jakarta, Selasa (1/8).

Di sati sisi, kata dia, data-data perekonomian di AS sendiri, seperti data pertumbuhan ekonomi, masih kurang positif. Hal itu membuat laju USD cenderung stagnan.

“Namun begitu, posisi Rupiah yang mulai terapresiasi itu masih perlu diuji ketahanannya, dengan begitu hal itu untuk mengkonfirmasi apakah rupiah tetap bergerak sideways kembali atau mulai menguat,” tegas dia.

Dia berharap, penguatan pada sejumlah mata uang Asia terhadap USD masih dapat terjaga sehingga mampu memberikan imbas positif pada rupiah.

“Apalagi segera akan ada rilis data makroekonomi internal yang diharapkan sesuai dengan ekspektasi dan dapat memberikan dukungan pada kenaikan lanjutan dari Rupiah,” ucap Reza.

Tetap waspadai berbagai sentimen yang dapat menahan penguatan Rupiah tersebut. Dia pun memproyeksi level support rupiah akan bergerak di kisaran Rp13.329. Sedang level resisten bisa di rentang Rp13.316.

 

Pewarta : Busthomi

(Bawaan Situs)