Beranda Internasional Turki Berhasil Tundukkan 1.220 Teroris Sepanjang 2022

Turki Berhasil Tundukkan 1.220 Teroris Sepanjang 2022

Aksi Divisi Anti Teror Turki Menangkap Pelaku Teror November 2021 lalu (Anadolu Agency)

Ankara, aktual.com – Menteri Dalam Negeri Turkiye, Suleyman Soylu menyatakan pasukan keamanan Turkiye berhasil menetralkan atau menundukkan 1.220 teroris sepanjang tahun 2022. Turkiye bahkan mengklaim pasukan keamanannya mampu mencegah 185 serangan teror, termasuk 18 serangan bom bunuh diri.

Otoritas Turki sering menggunakan istilah menetralkan untuk menjelaskan teroris yang dimaksud, menyerah atau dibunuh atau ditangkap. Menteri Soylu juga mengatakan sebanyak 285.027 migran gelap, termasuk 49.518 yang bersumber di laut, sudah ditahan selama setahun terakhir.

Dalam aksi terornya melawan Turkiye selama lebih dari 35 tahun, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turkiye, Amerika Serikat (AS), dan Uni Eropa – bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi.

Seperti diketahui, sejak 2013 lalu, Turkiye menjadi salah satu negara pertama yang menyatakan Daesh/ISIS sebagai kelompok teroris. Akibatnya, Turkiye pernah diserang oleh teroris Daesh/ISIS beberapa kali, dimana tindakan tersebut menewaskan 315 orang dan menyebabkan ratusan lainnya terluka. Tindakan teror ISIS setidaknya tercatat dalam 10 bom bunuh diri, tujuh serangan bom, dan empat serangan bersenjata.

Sebagai bentuk respon, Turkiye pun meluncurkan operasi anti-teror di dalam dan luar negeri untuk mencegah serangan lebih lanjut.

(Megel Jekson)