Beranda Internasional Turki Kecam Keputusan Yunani Tutup Sekolah Minoritas Untuk Muslim Turki

Turki Kecam Keputusan Yunani Tutup Sekolah Minoritas Untuk Muslim Turki

Kementerian Luar Negeri Turki (www.mfa.gov)

Ankara, aktual.com – Turki secara resmi mengecam keputusan Yunani menutup empat sekolah dasar milik minoritas Muslim Turki di Trakia Barat pada Jum’at (22/7) lalu.

“Dengan keputusan terakhir ini, lebih dari setengah sekolah dasar Minoritas telah ditutup. Dengan demikian, kebijakan Yunani untuk menutup sekolah dasar milik Minoritas Muslim Turki di Trakia Barat melalui ‘penangguhan sementara’ telah terbukti dilakukan secara sistematis,” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Tanju Bilgic dilansir dari Anadolu Agency.

Bilgic pun menegaskan hak minoritas Turki untuk mendirikan, mengelola dan memeriksa sekolah mereka sendiri sesuai dengan Perjanjian Lausanne yang ditandatangani pada 1923 lalu.  Sebagai informasi, perjanjian tersebut akhirnya membuka jalan bagi republik Turki yang merdeka. Langkah Yunani baru-baru ini, ungkapnya, menunjukkan ‘kebijakan diskriminatif dan menindas’ yang diterapkan terhadap minoritas Turki di bidang pendidikan.

“Sementara Yunani menutup sekolah dasar dengan dalih jumlah siswa yang tidak mencukupi, di sisi lain mengabaikan tuntutan untuk membuka sekolah Minoritas baru meski ada kebutuhan yang jelas. Dan, tindakan ini melanggar hak pendidikan anak-anak Minoritas,” kata Bilgic.

Bilgic secara tegas mendesak Yunani untuk mengakhiri kebijakan diskriminatifnya terhadap sekolah minoritas Turki dari tahun ke tahun.

“Republik Turki akan terus mendukung perjuangan Minoritas untuk hak dan keadilannya, baik dalam kontak bilateral maupun platform internasional,” tambah dia.

Wilayah Trakia Barat di Yunani adalah rumah bagi sekitar 150 ribu Muslim Turki, yang berhak untuk memilih pemimpin agama mereka sendiri, mendirikan asosiasi Turki, dan memiliki sekolah sendiri. Sayangnya kesemua hak tersebut ditolak oleh Athena dan secara tegas melanggar perintah pengadilan Eropa.

(Megel Jekson)