Jakarta, Aktual.co — Televisi pemerintah Korea Utara menayangkan rekaman Presiden Kim Jong-Un berjalan tanpa tongkat jalannya dan terlihat pincang untuk pertama kalinya setelah dua bulan menghilang dari ranah publik.
Rekaman video itu disiarkan Kamis malam oleh Chosun Chungang TV yang menampilkan Kim di atas panggung pada pertemuan komandan militer di Pyongyang yang berlangsung pada Senin dan Selasa (3-4/11).
Setelah absen panjang dari hadapan publik, Kim kembali muncul dengan tongkat pada pertengahan Oktober lalu yang membuat spekulasi akan kondisi kesehatan serta kekuasaannya.
Dalam rekaman yang ditayangkan Kamis, Kim terlihat pincang saat ia berjalan melewati kerumunan tentara untuk kesempatan foto bersama namun menghindari menunjukkan kakinya.
Badan intelijen Korea Selatan mengatakan bahwa Kim menjalani operasi pada pergelangan kaki kirinya akibat komplikasi dari kista.
Rekaman video ini dirilis sehari setelah surat kabar atas Rodong Sinmun Korea Utara membawa gambar Kim berjalan tanpa tongkat pada pertemuan yang sama.
Sebelum Kim absen dari hadapan publik Korea Utara, televisi pemerintah menayangkan rekaman Kim yang sudah berjalan dengan pincang.
Sejak merebut kekuasaan setelah kematian ayahnya Kim Jong-Il pada tahun 2011, Kim Jong-Un telah menjadi seorang tokoh masyarakat yang sangat terkenal.
Kepopuleran Kim semakin bertambah dengan dukungan media pemerintah yang selalu menampilkan keterlibatan Kim dalam serangkaian perjalanan ke unit-unit militer dan pabrik di negaranya untuk memberikan “bimbingan lapangan”.
Kim kemudian tiba-tiba menghilang pada awal September yang dengan cepat menjadi sumber rumor dan spekulasi.
Absensi Kim dari hadapan publik menjadi sebuah bahasan yang panas setelah melewati dua agenda politik penting yang biasanya ia datangi.
Bahkan ada rumor bahwa Kim telah digulingkan dalam sebuah kudeta.

()