Jember, Aktual.com – Nonton Bersama Piala Dunia di Alun-alun Jember, membawa berkah tersendiri. Per tanggal 2 Desember, omset penjualan mereka sudah bisa tembus Rp. 101 juta.

Pencapaian ini merupakan sejarah baru di Kabupaten Jember, pasalnya dalam waktu 2 pekan, perputaran ekonomi pada UMKM yang ada di Alun alun tersebut tembus 101 juta.

“Nonton bareng aja, kemarin kami sudah survei satu persatu terhadap seluruh UMKM yang ada di Alun alun, sudah tembus 101 juta dalam 2 minggu nobar,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Jember Sartini, disela – sela mengunjungi tenda UMKM di BSG Gor Kaliwates Jember, Jum’at (2/12).

Menurutnya, Nobar di Alun – alun ini memberikan warna baru dalam membangkitkan perekonomian, karena dampaknya sangat positif untuk Kabupaten Jember.

“Ketika diawali dari Porprov kemarin, geliat UMKM ini sangat luar biasa dan memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian di Kabupaten Jember. Seperti Porprov berapa uang yang berputar di Kabupaten Jember, sangat luarbiasa,” ungkapnya.

Setelah nobar piala dunia 2022 selesai, UMKM Jember akan dilanjut hadir di program sahati dengan kagiatan 10 hari dari tanggal 24 desember 2022 hingga tanggal 2 januari 2023.

“Kami juga akan hadir bersama UMKM kami di sana, untuk mempromosikan produk-produk yang ada di Kabupaten Jember, khususnya mereka buat,” bebernya.

Dengan even yang sampai dengan awal 2023 ini, diharapkan UMKM Jember semakin bagus dan segera memiliki seluruh perijinan dalam berusaha.

“Kami sangat berharap, UMKM di Jember makin bagus, dari segi produk dan tak kalah penting yakni perijinannya. Seperti memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Sedangkan untuk makanan dan minuman yang kadaluarsanya lebih dari 7 hari, harus memiliki BPOM dan IRT,” tandasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)