Beranda Khazanah Dunia Islam UMSU Gelar Pelatihan Astronomi Internasional

UMSU Gelar Pelatihan Astronomi Internasional

Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Dok. UMSU)

Medan, aktual.com – Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) menyelenggarakan “International Islamic Astronomy Training Program” melalui kanal zoom pada Senin (16/1) kemarin. Program ini memang ditujukan untuk mengembangkan astronomi Islam, terutama di kawasan Indonesia dan Malaysia.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah peserta dari Universiti Sains Malaysia, Centre for Islamic Development Management Studies (ISDEV), Jabatan Mufti Negeri Pulau Pinang (JMNPP), Kementerian Pelajaran Malaysia, dan IAIN Lhoksemawe, Aceh. Semua peserta tersebut memiliki niat dan komitmen yang sama, yakni memperkenalkan cara pandang Islam terhadap objek dan fenomena langit.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I UMSU, Muhammad Arifin menyampaikan kegiatan International Islamic Astronomy Training Program ini akan dibuat beberapa sesi. Sesi pertama disampaikan oleh narasumber dari OIF UMSU dan sesi kedua akan disampaikan oleh narasumber dari Malaysia.

“Alhamdulillah saat ini UMSU sudah memilki prodi Ilmu Falak. Ini bisa dimanfaatkan agar prodi Ilmu Falak ini bisa dibanjiri oleh penggiat-penggiat Ilmu Falak yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya Muslim. Karena banyak kegiatan-kegiatan Ilmu Falak yang sangat bermanfaat. Kita mengharapkan masyarakat dapat berpartisipasi untuk mengikuti pendidikan Ilmu Falak di UMSU,” ujarnya seperti dilansir dari situs Muhammadiyah.

Pada sesi pertama, kegiatan International Islamic Astronomy Training Program disampaikan oleh dua Tim Peneliti OIF UMSU, yakni M. Dimas Firdaus yang menyampaikan materi Astrophotography dan Hariyadi Putraga yang menyampaikan materi Falak Software. Astrophotography adalah jenis fotografi yang melibatkan pengambilan gambar objek dan fenomena astronomi. Sementara Falak Software terkait dengan program komputer yang didesain khusus untuk melakukan perhitungan/hisab terhadap rumus-rumus falakiyah (hisab-rukyat) serta penentuan posisi Bulan dan Matahari.

Kegiatan ini sejalan dengan visi OIF UMSU untuk menjadi pusat ilmu falak yang unggul dalam pelatihan, penelitian dan pengkaderan dalam tingkat Nasional dan Internasional yang berupaya memadukan khazanah Islam dan Sains Modern berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

(Megel Jekson)