Denpasar, Aktual.com – Senat akademik Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali menetapkan Pemilihan Rektor periode 2023-2027 pada kampus pendidikan tenaga kependidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut pada 11 Januari 2023.

“Calon rektor yang akan bertarung pada pemilihan tersebut adalah, Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd.,M.Pd, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd, dan Prof. Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes,” kata Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd, di Singaraja, Rabu (28/12).
Ia mengatakan, pemilihan akan dilakukan secara langsung oleh Senat Undiksha dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristekdikti) atau yang mewakili.
Adapun tata tertib pemilihan telah dibahas oleh Senat dalam rapat khusus dan telah disetujui. Peraturan tersebut merupakan rincian lebih lanjut dari Peraturan Senat Undiksha Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Rektor. Pemilihan ini diharapkan berjalan lancar, aman, damai, dan selalu mengedepankan keharmonisan.
“Karena bagaimanapun kondisi yang demikian merupakan kondisi yang menjadi prasyarat utama bagi keberlangsungan proses Pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha,” katanya.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si., mengaku panitia telah siap menyambut tahapan pemilihan. “Hal yang dibutuhkan sudah kami siapkan dan yang paling penting surat suara,” terangnya.
Disinggung siapa yang akan hadir dari Kemdikbudristek untuk memberikan suara, dinyatakan belum ada kepastian. “Sejauh ini belum ada kepastian siapa yang hadir dari kementerian,” katanya.
Ia menambahkan, sebelum pemilihan, tiga calon rektor tersebut akan mengikuti wawancara yang dilaksanakan oleh Kemdikbudristek.
“Mungkin (wawancara) tentang bagaimana visi mereka dalam memajukan universitas. Oleh karena itu akan dilaksanakan wawancara oleh kementerian, tetapi jadwalnya belum ditentukan,” katanya.
Tiga calon rektor yang akan memperebutkan kursi Rektor Undiksha telah mengikuti tahapan penyaringan melalui pemungutan suara secara langsung dari Senat Undiksha.
Hasilnya, Lasmawan memperoleh sebanyak 27 suara disusul oleh Sudiana sebanyak enam suara, dan Artanayasa sebanyak lima suara. Pada penyaringan ini, ketiganya mengawali dengan paparan visi misi dan program-program yang dinilai sebagai strategi untuk mewujudkan Undiksha semakin baik.
(Warto'i)