Jakarta, Aktual.co —Universitas Mercu Buana Jakarta berhasil meraih penghargaan dalam tiga kategori perguruan tinggi swasta unggulan di lingkungan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah III Jakarta tahun 2014. Ketiga kategori yang diraih tersebut yakni juara dua untuk pembelajaran, juara satu penelitian dan P2M serta kriteria bidang kemahasiswaan.
Prof Dr Mulyani A Nurhadi selaku ketua Tim Penilai PTS Unggulan Kopertis Wilayah III di Jakarta, Kamis (11/12), mengatakan, pemberian penghargaan PTS unggulan yang telah berjalan empat tahun memberikan dampak yang positif bagi perguruan tinggi (PT) tersebut.
Dampak yang terjadi dari PT yakni meningkatnya tertib administrasi akademik. Meningkatkan penggunaan TIK, munculnya perguruan tinggi pendatang baru, kegairahan membagi pengalaman sukses serta diusulkan forum pertemuan ilmiah di Kopertis.
“Bagi PTS yang belum mendapatkan penghargaan harus terus melakukan perbaikan untuk peningkatan dan termotivasi. Sedangkan yang telah meraih, diharapkan dapat membagi kesuksesan,” ujarnya.
Ketua Senat Universitas Mercu Buana, Suharyadi, mengaku gembira dengan diperolehnya penghargaan itu meskipun bukan satu – satunya tolok ukur dalam kesuksesan.
Masih banyak yang perlu lagi ditingkatkan dari mulai tenaga pengajar, mahasiswa serta sarana pendukung dalam kegiatan belajar.
Maka dari itu, salah satunya yakni dengan membangun studio broadcasting serta peningkatan pertukaran mahasiswa dengan PT luar agar bisa berbagai ilmu.
“Kita masih banyak pengembangan dalam bidang lain. Apalagi, banyak kategori yang sebenarnya masih berpeluang diraih. Ke depan, akan terus ditingkatkan,” tegasnya.
Pemberian penghargaan PTS unggulan dilakukan dalam Rakerda Kopertis Wilayah II tahun 2014 di Universitas Mercu Buana. Acara tersebut dihadiri 350 pimpinan perguruan tinggi swasta di wilayah Kopertis III Jakarta.
Adapun data lengkap penerima penghargaan PTS unggulan yakni untuk kategori pembelajaran Universitas Bunda Mulia dan STP Trisakti, juara kedua Universitas Mercu Buana dan Sekolah Tinggi Teknik PLN serta juara ketiga Universitas Al Azhar dan STIKES Tarakanita.
Kategori Penelitian dan P2M, juara pertama diraih Universitas Mercu Buana. Kategori Pengembangan Dosen, juara satu STIE Prasetya Mulya. Kategori Bidang Kemahasiswaan, juara pertama UMB dan juara kedua Perbanas.
Kategori Tata Kelola, juara pertama Universitas Bunda Mulia, juara kedua Univ Bakrie dan Saint Carolous. Prodi Unggulan S1 TI, juara pertama Univ Bina Nusantara dan juara kedua Univ Al Azhar. Prodi S1 Hukum, juara pertama Univ Pelita Harapan, kedua Univ Tarumanegara, ketiga Pancasila dan Univ Al Azhar. Sedangkan D3 Keperawatan diraih Saint Carolous.

(Andy Abdul Hamid)