Sementara itu, Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan UM Syamsul Hadi mengatakan pembinaan yang intensif dan berkelanjutan ternyata memang menjadi kunci keberhasilan dalam kegiatan MTQ-M Regional Jawa Timur, sehingga ia membeberkan resep hingga kampusnya dapat mendominasi gelaran MTQ-M Regional Jawa Timur.

“Kami di Universitas Negeri Malang rutin menyelenggarakan kegiatan MTQ-M tingkat universitas, bahkan di tingkat fakultas, kami juga membina UKM Klub Studi Al Qur’an, sehingga tidak pernah kehabisan calon peserta MTQ-M,” katanya.

Ia mengatakan keberhasilan kafilah UM menjadi juara umum di kampus Tegalboto Universitas Jember mengulangi kisah sukses pada ajang MTQ-M Regional Jawa Timur IV yang digelar di Universitas Trunojoyo Madura tahun 2016.

Sementara itu dalam pidato penutupannya, Wakil Rektor II Universitas Jember Wachju Subchan mengaku bangga mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah MTQ-M Regional Jawa Timur V tahun 2018.

Apalagi jumlah peserta tergolong banyak yakni 789 peserta yang berasal dari 73 kafilah utusan dari perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi keagamaan Islam negeri, dan perguruan tinggi keagamaan swasta.

(Andy Abdul Hamid)