Muara Enim, Aktual.Com – Upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) Kabupaten Muara Enim yang dilaksanakan di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) oleh Pj Bupati Kurniawan pada Senin malam ( 15/08) Berlangsung Khidmat.

Suasana Khidmat terasa saat 50 Paskibraka Putera – Puteri terbaik Bumi Serasan Sekundang dari 22 Kecamatan yang akan bertugas pada upacara peringatan kemerdekaan indonesia, 17 Agustus 2022 mendatang mulai di kukuhkan.

Mereka nampak larut dalam upacara yang digelar. Terutama saat mereka mengucapkan ikrar Putra Indonesia dan melakukan prosesi mencium Sang Merah Putih. Tak sedikit dari mereka terlihat berkaca-kaca.

Para anggota Paskibraka tersebut akan mengemban tugas pada upacara pengibaran dan penurunan Sang Merah Putih di Lapangan Merdeka Muara Enim.

Pj Bupati beserta Forkompimda Foto bersama anggota paskibraka 2022 (15/8) /Aktual.com

Pengukuhan secara simbolis yang ditandai dengan pemasangan kendit Kecakapan dan lencana oleh Pj. Bupati kepada pemimpin upacara, Maria Pretty C.V. dari SMKN 1 Muara Enim yang turut disaksikan oleh unsur Forkopimda, Pj. Sekda, H Riswandar, Ketua TP. PKK Nurmala Sari Kurniawan, dan para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Muara Enim

Maria Pretty C.V Siswi dari SMKN 1 Muara Enim ini tampak haru. “Ini kebanggaan sekaligus kehormatan bagi saya bisa terpilih sebagai paskibraka,” ujarnya usai dikukuhkan.

Usai prosesi pengukuhan, Pj Bupati Kurniawan memberikan selamat kepada para anggota paskibraka 2022. Menurutnya bukanlah suatu hal yang mudah menjadi Paskibraka karena dituntut untuk tampil prima, disiplin sekaligus selalu menjaga sikap yang baik sehingga dapat terpilih menjadi yang terbaik.

Kurniawan berpesan agar para anggota Paskibraka dapat melaksanakan tugas dan amanah tersebur dengan sebaik-baiknya yang disertai rasa tanggung jawab yang tinggi dan senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melalui tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ untuk menjadi awal dari kebangkitan kita setelah 2 tahun lebih melewati masa-masa pandemi covid-19.

“Selain menjadi kebanggan sendiri dan orang tua saya berpesan jadilah pribadi yang tangguh dalam berjuang meraih cita-cita dan belajar dengan sungguh-sungguh demi meningkatkan kualitas diri serta tumbuh menjadi pribadi tangguh agar dapat berguna diri sendiri, keluarga, masyarakat dan akhirnya bagi bangsa dan negara,”pungkasnya.

(Apriansyah)