Jakarta, Aktual.co —Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengusulkan pengelolaan parkir di Jakarta diserahkan penanganannya ke swasta.
“Kalau diswastakan pemerintah provinsi tinggal narik retribusinya. Ngapain pemda mengurusnya. Apalagi kontribusinya jelas,” kata politisi Gerindra itu di Jakarta, Senin (27/10).
Jika parkir dikelola swasta dan mengalihkan ke parkir gedung, kata Taufik, maka penyiapan sarana dan prasarananya akan dilakukan pihak ketiga melalui survei untuk memastikan peluang usaha.
Sehingga Pemda tak perlu lagi memikirkan soal gedung atau lahannya. “Ini pasti akan lebih baik,” kata Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta ini.
Terkait penertiban yang dilakukan Dinas Perhubungan DKI instansi terhadap praktik parkir liar, menurutnya bisa dilakukan asal lahan parkirnya sudah disediakan.
“Masa larang parkir tapi nggak tahu parkirnya di mana. Harus dipahami bahwa ketika membawa kendaraan itu adalah bagian dari kebutuhan karena angkutan umum belum memadai,” katanya.
Apalagi, kata dia, warga naik angkutan umum karena terpaksa.
Sebelumnya, Pakar Perkotaan Universitas Trisakti Yayat Supriatna mengusulkan Pemerintah Provinsi DKI mengalihkan parkir sisi jalan ke parkir gedung seperti yang sudah dilakukan di sejumlah negara.
Model parkir ini selain memberikan kontribusi juga dapat mengatasi kemacetan lalu lintas yang salah satunya diakibatkan oleh parkir kendaraan di sisi jalan.

()

()