Reaksi Neymar saat Timnas Brazil kalah adu penalti lawan Kroasia dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al-Rayyan, Doha pada 10 Desember 2022.

Jakarta, Aktual.com – Neymar mengisyaratkan bahwa dia mungkin akan pensiun dari tim nasional (Timnas) Brazil setelah negaranya tersingkir oleh Kroasia melalui adu penalti di perempat final Piala Dunia 2022 Qatar pada Sabtu dini hari.

Pemain berusia 30 tahun itu mengatakan bahwa dia tidak akan menjamin “100 persen” bermain kembali untuk tim Samba lagi.

“Saya tidak menutup pintu apa pun di tim nasional, tetapi saya juga tidak menjamin 100 persen akan kembali,” kata Neymar setelah pertandingan yang dikutip AFP.

“Saya perlu berpikir lebih banyak tentang ini, tentang apa yang tepat untuk saya dan untuk tim nasional.”

Dalam pertandingan ini, Neymar berhasil menyamai rekor 77 gol milik Pele untuk timnas Brazil dengan gol brilian ke gawang Kroasia pada Jumat, tetapi Bruno Petkovic menyamakan kedudukan beberapa menit kemudian.

Neymar sendiri tidak menjadi penendang dalam adu penalti. Upaya Rodrygo diselamatkan oleh Dominik Livakovic dan Marquinhos membentur tiang, sementara Kroasia mencetak empat gol untuk memenangkan adu penalti 4-2.

Brazil dan Neymar juga tereliminasi di perempat final oleh Belgia di Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia. Sedangkan pada 2014, Selecao dipermalukan 1-7 oleh Jerman.

(Arie Saputra)