Jakarta, Aktual.com — Pernahkah terpikir bahwa hasil karya Anda akan menghasilkan jutaan bahkan miliaran rupiah yang akan membuat hidup Anda berubah dalam sekejap?

Ya, di Amerika Serikat ada seorang remaja yang membuat video sederhana mengenai penjelasan teori relativitas Einstein. Video itu membuatnya berhasil mendapatkan hadiah senilai US$ 400 ribu (atau setara dengan Rp 5,5 miliar, red) di ajang ‘Breakthorugh Junior Challenge’. Remaja tersebut adalah Ryan Chester, demikian dilaporkan laman Popsci, beberapa hari yang lalu.

Remaja yang berasal dari kota Ohio yang berusia 18 tahun itu membuat sebuah video berdurasi kurang lebih selama 7 menit 33 detik yang menjelaskan secara sederhana tentang teori relativitas Einstein dan kecepatan cahaya. Video itu berjudul ‘Some Cool Ways of Looking at the Special Theory of Relativity’.

Di Video tersebut, Ia mempraktekkan dengan duduk pada kursi dengan semangkuk berondong jagung. Ia juga menggunakan animasi-animasi sederhana yang mendukung penjelasan dalam videonya agar penonton dapat memahami dengan tepat maksud dari isi teori tersebut jika dihubungkan dengan dunia nyata

Perihal teori tersebut, Chester selalu mengatakan, “Relativitas khusus telah mendapatkan peringkat di sana dengan salah satu teori yang paling revolusioner dalam ilmu fisika. Saya sudah melihatnya direferensikan dalam buku ilmu pengetahuan dan majalah selama bertahun-tahun. Jika dihubungkan dengan suatu gagasan (ide dan pemikiran, red) yang tepat, Anda dapat melakukan perjalanan ke masa depan jika Anda bergerak cukup cepat.”

Diceritakan oleh Chester, rencananya uang itu akan digunakan untuk biaya pendidikanya di Sekolah Menengah Umum (SMU) North Royalthon sebesar US$ 250,000. Selain itu, sebagai dedikasi dan penghormatannya kepada guru fisikanya yaitu Richar Nesftoff, ia memberikan uang sebesar US$ 50,000. Sisa hadiah yang ia terima sebesar US$ 100,000 akan disumbangkan untuk pembangunan laboratorium sains yang baru di sekolahnya

Kompetisi yang dimenangkan oleh Chester ini diselenggarakan oleh ‘Breakthrough Prize Foundation’ dan ‘Chan Academy’. Di sana terdapat sekitar 2000 pendaftar hingga akhirnya muncul 15 finalis. Namun, Ryan Chester keluar sebagai pemenangnya.

Jika Anda (pembaca Aktual.com) penasaran dengan penjelasan menarik namun sederhana tentang teori relativitas Einstein dari Ryan Chester, bisa menonton lima videonya di sini (silahkan diklik link atau tautan di bawah ini). Selamat menonton.

Video Ryan Chester Jelaskan Teori Relativitas Einstein Secara Ilmiah dan Sederhana

Video Ryan Chester Jelaskan Teori Relativitas Einstein Secara Ilmiah dan Sederhana II

Video Ryan Chester Jelaskan Teori Relativitas Einstein Secara Ilmiah dan Sederhana III

Video Ryan Chester Jelaskan Teori Relativitas Einstein Secara Ilmiah dan Sederhana IV

Video Ryan Chester Jelaskan Teori Relativitas Einstein Secara Ilmiah dan Sederhana V

()