Anggota Komisi I DPR RI Dave

Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno menilai calon Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) harus memiliki kesamaan visi dan misi dengan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan dilantik menjadi Panglima TNI.

“Calon Kasal berikutnya harus memahami dan searah dengan visi dan misi Panglima TNI terpilih dan Presiden Jokowi terkait pembangunan tol laut agar program tersebut tercapai,” kata Dave di Jakarta, Kamis (8/12).

Dia menjelaskan Laksamana TNI Yudo akan menjabat sebagai Panglima TNI sekitar satu tahun, sehingga banyak program berkelanjutan yang harus dijalankan.

Karena itu menurut dia, calon Kasal berikutnya harus memiliki “chemistry” dengan Laksamana Yudo untuk merealisasikan visi dan misi Panglima TNI.

“Calon Kasal harus memiliki ‘chemistry’ dengan Panglima TNI apalagi Laksamana Yudo berasal dari matra laut. ‘chemistry’ itu penting agar kebijakan searah dan sejalan,” ujarnya.

Dave menilai penentuan kepala staf TNI termasuk Kasal menjadi kewenangan dari Presiden atas usul Panglima TNI, sesuai dengan amanat Pasal 14 ayat 2 Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Pasal 14 ayat 2 UU TNI menyebutkan bahwa kepala staf angkatan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Panglima TNI.

“Nanti Presiden akan membahas bersama Pak Yudo. Dan nanti akan disesuaikan untuk mencapai konsensus siapa yang jadi Kasal berikutnya,” katanya.

Sebelumnya, Laksamana Yudo sudah menyebut bahwa posisi Kasal akan diduduki Pati TNI AL berpangkat bintang 3, namun dirinya enggan menyebut nama-nama tersebut.

Setidaknya ada 9 nama calon yang berpotensi menjabat sebagai Kasal, yaitu Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang saat ini menjabat Wakil Kasal, Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro; Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia; Irjen TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono; Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian.

Selain itu, Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat; Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto; Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono; Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali.

(Arie Saputra)