Jember, Aktual.com – Kabupaten Jember kembali menorehkan prestasi menjelang hari jadi ke 94. Penghargaan kali ini datang dari BKKBN pusat yang diterima oleh Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman secara daring.

Penghargaan Narasi Implementasi Audit Kasus Stunting 2022 diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat. Dengan 7 Kabupaten atau kota yang masuk nominasi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder, terutama dari OPD DAN DP3AKB serta TPK pendamping keluarga, karena atas kerjasama dan sinergi itu dalam percepatan penurunan stunting, kami mendapatkan erhargaan ini,” ujar Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman, usai menerima penghargaan dari BKKBN di ruang loby bupati, Rabu (14/12).

Menurutnya, dengan mendapatkan penghargaan ini, akan menjadi semangat dan pemacu Pemkab Jember untuk percepatan Penurunan stunting.

“Ini akan menjadi pemacu dan semangat untuk lebih meningkatkan lagi komitmen kita untuk percepatan penurunan angka stunting di Jember,” beber gus Firjaun.

Adapun 7 Kabupaten atau Kota yang masuk nominasi yaitu Kabupeten Jember, Kabupaten Oku Selatan, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumatera Barat dan Kota Denpasar.

Sehingga kedepannya pada tahun 2023, Kabupaten Jember harus zero stunting dengan melakukan beberapa strategi dalam penanganan percepatan penurunan stunting.

“Strategi tahun depan ini, kami akan melakukan updating data yang harus kami lakukan setiap bulan dan wajib oleh kecamatan, kelurahan dan desa. Sebab peran data dalam penanganan stunting ini sangat penting, ketika ada kecepatan dan akurasi data, insyallah tritmen yang dilakukan ini tepat sasaran dan tidak berlarut lama – lama,” jelas Gus Firjaun.

Perlu diketahui, Jember meraih Penghargaan Narasi Implementasi Audit Kasus Stunting 2022 ini adalah dengan judul ” Audit Kasus Stunting di Kabupaten Jember ” yang mana Narasi Kasus Stunting ini ditulis oleh Wabup Jember KH. MB. Firjauan Barlaman. Sehingga Masyarakat Jember patut berbangga karena Narasi yang ditulis Wabup Jember meraih apresiasi.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)