Warga mengikuti buka puasa bersama pada hari pertama bulan Ramadhan yang digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (17/5/18). Pada hari pertama puasa ini masjid menyediakan 3.228 boks untuk warga yang berbuka di Masjid Istiqlal. AKTUAL/Tino Oktaviano

Depok, Aktual.com – Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan puasa yang telah dijalankan selama satu bulan tidak hanya memberikan efek menguatnya hubungan dengan Allah SWT tetapi juga mengajarkan tentang menumbuhkan spiritualitas sosial terhadap sesama manusia.

“Hubungan sesama begitu intens terjadi di bulan Puasa, misalnya memberikan makanan ketika berbuka puasa, membagikan zakat, shalat berjamaan dan berbuka secara bersama telah menghadirkan kekuatan hubungan diantara kaum muslimin,” kata Idris di Depok, Kamis (6/6).

Untuk itu katanya selama satu bulan berpuasa menjadi ujian memperkokoh dan mewujudkan persaudaraan umat manusia khususnya umat Islam guna mempersatukan kembali keutuhan bangsa agar lebih kokoh.

Dikatakannya sebagai umat yang diwarisi ahklak mulia dari baginda Nabi Muhammad SAW sudah sepantasnya umat Islam menjadi penebar rahmat, pembawa kedamaian dan penjaga persaudaraan di tengah bangsa yang sarat dengan kemajemukan ini.

Hal senada dikatakan oleh ulama Kota Depok, Ustadz Ansyori yang mengingatkan kepada kaum muslimin bahwa puasa yang telah dijalankan selama bulan Ramadhan mampu meningkatkan derajat keimanan kaum muslimin.

(Abdul Hamid)