Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan Walikota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian Umar bersama tiga kepala dinas di ruang kerjanya, Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Wamentan Harvick mengatakan kunjungan Walikota Zul Elfian tersebut dalam rangka menyampaikan sejumlah potensi pertanian di daerahnya untuk mendukung ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan.

“Pak Wali tadi menyampaikan beberapa potensi pertanian di Kota Solok untuk dukung ketahanan pangan daerah maupun nasional,” kata Wamentan dalam keterangan tertulisnya.

Wamentan menuturkan meskipun Kota Solok kini telah menjadi daerah urban, namun potensi beras masih menjadi hasil pertanian utama.

Selain itu, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) tersebut mengapresiasi kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang bertujuan untuk ketahanan pangan keluarga.

“Ini yang saya sebut sebagai salah satu konsep dalam mewujudkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan, dengan memanfaatkan pekarangan rumah maupun perkantoran untuk budidaya pertanian” ujarnya.

Wamentan Harvick berharap kegiatan tersebut menjadi role model bagi pemerintah daerah lainnya dalam menggiatkan budidaya pertanian, terutama daerah-daerah urban.

Sementara itu, Walikota Solok Zul Elfian mengatakan pekarangan pangan lestari bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat dengan cara ditanami sayur-sayuran yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat seperti cabai, tomat, terong, dan lainnya.

Menurutnya tanaman tersebut bisa menjadi sumber tambahan makanan sehat masyarakat yang murah dan cepat dipanen sehingga dapat membantu meningkatkan gizi masyarakat dan dapat terhindar dari penyakit kurang gizi atau stunting, disamping itu bisa membantu perekonomian keluarga.

“Semoga program Pekarangan Pangan Lestari ini dapat terus berkembang untuk mewujudkan kemandirian masyarakat,” ucap dia.

(A. Hilmi)