Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi (tengah), bersama Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki (kanan) dan Pj Bupati Aceh Barat Daya, Darmansah (kiri). Foto: istimewa
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi (tengah), bersama Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki (kanan) dan Pj Bupati Aceh Barat Daya, Darmansah (kiri). Foto: istimewa

Abdya, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), pada Senin (21/11/2022). Dalam kunjungannya itu, Wamentan Harvick tampak didampingi Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Selain itu, turut hadir pula Pj Bupati Abdya, Darmansah, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin, Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, Kadis Pertanian Aceh Cut Huzaimah, seluruh unsur Forkopimda Abdya serta undangan lainnya.

Setibanya di Aceh Barat Daya, Wamentan terlebih dulu menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW dengan 10 ribu masyarakat Abdya yang berlangsung di Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya. Selanjutnya panen raya bersama seribu petani di Gampong Lhueng Tarok, Kecamatan Blangpidie.

Dalam kesempatan panen raya, Wamentan Harvick mengapresiasi sektor pertanian di Aceh Barat Daya. Ia berharap produksi pertanian tersebut dapat semakin meningkat.

“Gairah pertanian di Aceh Barat Daya ini sekaligus menjawab tantangan agar bagaimana Indonesia ini tetap surplus. Mudah-mudahan ke depan, pertanian di Aceh Barat Daya ini terus meningkat, sehingga bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” kata Wamentan Harvick.

Di sela-sela panen raya padi tersebut, Wamentan bersama Pj Gubernur Aceh dan Pj Bupati Aceh Barat Daya turut melakukan dialog dengan para petani maupun penyuluh.

“Memang ada beberapa masukan terkait kurangnya alsintan, ini yg terus kita sikapi. Kemudian juga off-taker ke depan ya, sehingga harga dapat memuaskan petani dan juga terjangkau di masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Barat Daya, Darmansah mengungkapkan bahwa produksi beras di daerahnya mengalami surplus. Ia juga menyampaikan berbagai potensi sektor pertanian yang dimiliki Abdya, mulai dari sektor pertanian, perkebunan sampai kepada sektor perikanan.

“Alhamdulillah, Abdya surplus beras 42 ribu ton,” kata Darmansah.

(A. Hilmi)